Sukses


Besok, Mantan Kiper Persib Resmi Berpisah dengan Timnas Thailand

Bola.com, Jakarta - Minggu (14/10/2018) akan menjadi hari terakhir bagi suporter Timnas Thailand dan mungkin fan Persib Bandung melihat kiper Sinthaweechai Hathairattanakool mengenakan jersey kebesaran the War Elephants.

Sinthaweechai Hathairattanakool atau yang juga dikenal dengan Kosin Hathairattanakool, akan resmi berpisah dari Timnas Thailand. Perpisahan ditandai dengan laga testimonial Timnas Thailand versus Trinidad dan Tobago di Suphan Buri dalam jeda internasional FIFA.

Laga itu sekaligus jadi uji coba buat Timnas Thailand dalam persiapan menuju Piala AFF 2018 serta Piala Asia 2019.

Kosin, tercatat membela Timnas Thailand sejak 1998 di level kelompok usia. Tak diragukan lagi, ia merupakan satu di antara kiper terbaik yang dimiliki negara itu. 

Prestasinya termasuk membantu mempersembahkan gelar juara Kings Cup pada 2007, 2016, dan 2017, meraih medali emas SEA Games 2003 dan 2005. Dia juga meraih gelar kiper terbaik di Liga Thailand pada 2008.

Sementara buat bobotoh, meski keberadaannya terbilang tak lama ketika bersama Persib (2006 dan 2009), meninggalkan kenangan yang tak mudah dilupakan.

Kiper yang saat ini berusia 36 tahun itu, kali pertama mengumumkan gantung sepatu dari Timnas Thailand pada 7 September 2017, seusai kalah 1-2 dari Australia pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018.

"Ketika saya mengumumkan pensiun, serasa mimpi akan segera berakhir. Ya, 14 tahun itu waktu yang lama dan itu jadi suatu kehormatan bermain untuk negara dalam waktu yang lama," kata Kosin.

Pada laga testimonial sekaligus uji coba bergengsi ini, Timnas Thailand akan diperkuat tiga pemain bintang yang belum gabung saat Timnas Thailand mengalahkan Hong Kong 1-0 pada uji coba tandang (11/10/2018).

Tiga pemain tenar yang semuanya bermain di Liga Jepang itu adalah Theerathon Bunmathan, Teerasil Dangda, Chanathip Songkrasin. "Mereka akan tampil untuk menghormati Sinthaweechai," kata Milovan Rajevac, pelatih Timnas Thailand.

Rajevac juga menjanjikan akan memasang Kosin Hathairattanakool di daftar starting eleven Timnas Thailand kontra Trinidad dan Tobago. "Ini akan jadi testimonial match Sinthaweechai, jadi tentu dia akan ada di tim," kata Rajevac.

Sumber: Bangkok Post, The Nation

Momen-Momen Seru Jakmania di Luar SUGBK saat Persija Juara

Tutup Video

Video Populer

Foto Populer