Sukses


Raphael Maitimo Tinggalkan Persebaya dan Pindah ke Belanda

Bola.com, Surabaya - Raphael Maitimo memutuskan untuk mengakhiri musim lebih cepat dan meninggalkan Persebaya Surabaya. Maitimo mengalami cedera tumit kiri dan membutuhkan waktu untuk pemulihan.

Maitimo rencananya akan melakukan proses penyembuhan di negara asal keluarganya, Belanda. Mantan pemain Persib Bandung tersebut akan menjadi terapi dan operasi agar bisa segera kembali bermain.

"Kondisi ini membuat saya sangat kecewa karena cedera saya tidak kunjung sembuh dalam tiga bulan terakhir. Saya sudah menjalani beberapa terapi, tapi hasilnya memang memuaskan. Saya bicara dengan manajemen dan dokter tim seperti apa solusinya," kata Maitimo kepada Bola.com, Minggu (21/10/2018).

"Beberapa hari lalu, saya mengontak salah satu dokter di Singapura. Dia menyarankan saya untuk menjalani perawatan di Belanda. Setelah diskusi dengan manajemen dan pelatih Persebaya, kami pikir ini memang jalan yang terbaik. Malam ini juga saya akan berangkat ke Belanda," imbuhnya.

"Kondisi saya memang masih belum fit, ada bagian tulang tumit kiri yang bermasalah dan harus melakukan operasi, keyhole surgery. Kemungkinan, saya akan di Belanda untuk dua bulan ke depan, mudah-mudahan saya bisa sembuh lebih cepat," ucap gelandang serang yang sudah berstatus WNI itu.

Cedera tumit kiri itu didapat Maitimo saat tampil membela Persebaya melawan PSIS Semarang (22/7/2018). Dia sebenarnya bermain penuh 90 menit dan tidak mengalami masalah selama pertandingan.

Tetapi, rasa sakitnya mulai muncul sehari setelah pertandingan. Pemain berusia 34 tahun itu mendapat perawatan khusus dengan menjalani terapi selama beberapa pekan kemudian.

Maitimo sempat pulih dari cedera dan mulai berlatih normal di latihan perdana Persebaya di bawah arahan pelatih Djadjang Nurdjaman. Namun, cedera itu kembali kambuh, memaksanya menjalani fisioterapi dan berlatih secara terpisah.

 

2 dari 2 halaman

Maitimo Kecewa

Setelah tiga bulan, ternyata masih belum ada tanda-tanda Maitimo bisa segera sembuh dan kembali bermain. Itulah mengapa, dia memutuskan untuk meninggalkan tim agar bisa fokus pemulihan.

"Ini memang cedera cukup parah buat saya. Bahkan, untuk sekadar berjalan saja kaki saya rasanya sakit sekali, apalagi dipakai lari. Saya tidak ingin cedera ini berlarut-larut karena ini sudah lama tidak sembuh," ujar Maitimo.

Kondisi ini semakin membuat Persebaya kekurangan opsi pemain di lini tengah. Sebab, gelandang Robertino Pugliara juga mengalami cedera dan akan absen hingga musim ini berakhir.

"Saya sangat kecewa karena seharusnya bisa banyak membantu Persebaya yang sedang butuh kemenangan. Apalagi, Robertino juga harus absen enam bulan karena cedera patah kaki. Saya ingin sekali banyak membantu tim ini," ungkap Maitimo.

"Saya ingin segera sembuh dan kembali ke lapangan hijau. Saya belum tahu musim depan akan bermain di mana karena kontrak saya dengan Persebaya habis akhir musim ini. Yang pasti, saya akan kembali bermain Indonesia," ucap mantan pemain Mitra Kukar itu.

Video Populer

Foto Populer