Sukses


Punya Banyak Pemain Serba Bisa, Kunci Sukses Persija Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta bisa dikatakan memiliki sejumlah pemain yang mampu bermain di beberapa posisi berbeda ketika para pemain utama tak bisa tampil karena berbagai alasan. Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, menyebut kemampuan para pemain tim asuhannya untuk tampil di beberapa posisi berbeda merupakan bentuk dari kepercayaan diri yang lebih baik pada musim ini.

Satu pemain yang cukup mengejutkan saat melakukan perubahan posisi adalah Rezaldi Hehanussa. Pemain yang karib disapa Bule itu biasa bermain sebagai bek kiri, di mana pemain muda berusia 23 tahun itu sudah membuktikan kualitasnya baik saat berseragam Persija maupun Timnas Indonesia.

Namun, Teco memainkannya sebagai bek kanan ketika Persija menjalani laga tunda pekan ke-26 Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (20/11/2018). Menghadapi Persela Lamongan, Rezaldi Hehanussa bermain impresif sebagai bek kanan dan sukses mencetak gol pembuka kemenangan 3-0 yang diraih Macan Kemayoran.

Rezaldi Hehanussa bukan satu-satunya pemain yang mengalami perubahan posisi di bawah asuhan Teco. Rohit Chand, Novri Setiawan, dan Ramdani Lestaluhu adalah pemain-pemain Persija yang juga pernah bermain di sejumlah posisi dalam musim ini. Teco menegaskan kunci keberaniannya membuat perubahan itu tak lepas dari kepercayaan diri sang pemain ketika diminta melakukan tugas tersebut.

"Ini merupakan tahun kedua saya berada di Persija. Banyak pemain sudah bersama saya sejak tahun kemarin dan mereka menjadi lebih percaya diri saat diminta bermain di posisi yang berbeda," ujar Teco.

"Seperti Bule yang dalam laga terakhir bermain sebagai bek kanan menggantikan Ismed Sofyan. Dia belum pernah bermain di posisi itu sebelumnya, tapi dia mampu bermain bagus saat menghadapi Persela. Dia main bagus, bantu serangan, dan mencetak gol yang bagus."

"Contoh lain adalah Rohit. Ia sudah bermain di posisi gelandang serang, di kanan maupun kiri, sebagai gelandang bertahan, menjadi stopper, dan sudah bermain sebagai bek kanan maupun kiri. Ramdani pun sudah bermain di posisi gelandang serang, sayap kanan, sayap kiri, bahkan striker. Semua pemain bisa melakukannya dan saya merasa itu karena kepercayaan diri yang mereka miliki," lanjut pelatih asal Brasil itu.

Kemampuan Teco dalam meracik tim yang sering kehilangan pemain karena akumulasi kartu, sanksi, atau pun karena panggilan Timnas Indonesia, memang tak perlu diragukan. Hasilnya adalah Persija saat ini tengah bersaing ketat dengan PSM Makassar untuk bisa menjadi juara pada akhir musim ini.

 

Video Populer

Foto Populer