Sukses


PSS Paling Difavoritkan Promosi ke Liga 1 2019

Bola.com, Sleman - PSS Sleman dinilai paling berpeluang promosi ke Liga 2019. Dari keempat semifinalis Liga 2, PSS dianggap punya faktor pendukung lengkap dibanding tiga klub lainnya, yaitu Semen Padang, Persita Tangerang, dan Kalteng Putra.

Pendapat tersebut diungkapkan mantan pelatih Madura FC musim ini, Salahudin.  

"Dari semua prasyarat ke Liga 1, PSS memiliki semuanya. Pengelolaan klub, materi pemain, infrastruktur, hingga dukungan suporter. Jadi pantas kalau PSS saya anggap paling layak promosi," kata Salahudin, kepada Bola.com, Sabtu (24/11/2018).

Salahudin punya pengalaman membawa Madura FC tiga kali mengalahkan PSS baik di fase penyisihan grup dan babak 8 besar Liga 2. Dari situ, dia malah semakin yakin PSS bisa naik kasta. 

"Secara tim, permainan PSS rata-rata air. Nonteknis mereka yang kuat. Saya merasakan betul, ketika kami 'dipaksa' kalah 0-1 di delapan besar lalu," ungkap Salahudin.

Salahudin juga menyebut Persita bisa jadi kuda hitam untuk lolos Liga 1. "Di antara keempat tim itu, Persita punya organisasi permainan paling bagus. Materi pemainnya juga mumpuni. Mereka bisa mengejutkan di semifinal nanti," ujar Salahudin. 

Namun, Salahudin juga menyebut Semen Padang punya kekuatan untuk promosi lagi.  "Mereka klub lama yang musim lalu pentas di Liga 1. Saya yakin Semen Padang berambisi naik lagi. Apalagi klub ini milik BUMN yang secara finansial mendukung," tuturnya.

Meski demikian, dia menegaskan tiga tim tersebut pantang meremehkan Kalteng Putra. Dia menunjuk sosok Kashartadi bisa jadi pelatih pembeda.

"Di antara para semifinalis, Kashartadi pelatih paling pengalaman. Dia sudah pernah menangani klub-klub besar dan jadi juara," jelasnya.

Namun lepas dari semua itu, Salahudin menyebut faktor nonteknis bisa mengubah analisisnya. "Sepak bola kita masih kental dengan nonteknis. Bahkan bisa mengalahkan kekuatan teknis yang dimiliki sebuah tim. Kalau nonteknis yang berperan, saya tak bisa memprediksi siapa yang lolos dan siapa yang ditinggal," pungkasnya. 

Empat semifinalis, yaitu PSS Sleman, Semen Padang, Persita Tangerang, dan Kalteng Putra akan menjalani leg pertama babak empat besar pada Minggu (25/11/2018). Kalteng Putra menjamu PSS, sedangkan Persita melawat ke markas Semen Padang. 

Video Populer

Foto Populer