Sukses


Kiat Pelatih Perseru Menghindari Stres Akibat Tekanan Degradasi

Bola.com, Serui - Gojek Liga 1 bersama Bukalapak sangat menyita energi dan pikiran para pelaku. Hal itu pula yang dirasakan pelatih Perseru, Wanderley Junior.

Posisi Cenderawasih Jingga yang berada di zona degradasi membuat pelatih asal Brasil itu tak bisa tenang. Namun, Wanderley Junior punya kiat khusus menghindari stres akibat tekanan tersebut.

"Kuncinya, pikiran saya harus tetap tenang dan bahagia. Yang utama, saya harus berusaha dan berdoa kepada Tuhan agar Perseru bisa lolos degradasi. Jika saya hanya berpikir tanpa usaha, stres saya bisa panjang," tutur Wanderley.

Sebagai nakhoda tim, lanjut Wanderley, ia harus bisa memompa motivasi sekaligus memberi rasa nyaman kepada anak asuhnya.

"Saya tak boleh kelihatan panik atau gelisah di depan pemain. Kalau mereka tahu saya seperti itu, mereka akan terpengaruh. Dampaknya pemain akan tegang menjalani hidup sehari-hari," ungkapnya.

Kiat lainnya, Wanderley tak mau memikirkan nasib tim-tim lain yang sama-sama berada di zona merah. Dia juga enggan ditanya kalkulasi perolehan poin tim lain di kalsemen akhir musim ini.

"Jangan tanya saya soal tim lain. Tanya Perseru saja. Saya tak mau tambah pusing kalau memikir tim yang bukan tanggung jawab saya. Target saya, dua pertandingan sisa harus menang," ujar Wanderley.

Video Populer

Foto Populer