Sukses


10 Pemain Veteran Liga 1 2018 Masih Optimal Berkompetisi

Bola.com, Jakarta - Gojek Liga 1 bersama Bukalapak menjadi kompetisi luar biasa bagi semua pemain yang terlibat. Bahkan pemain yang masuk kategori veteran atau di atas 35 tahun pun tak ingin kalah bersaing dengan pemain yang lebih muda di Liga 1 2018.

Seperti dituliskan Bola.com sebelumnya, total ada 31 pemain dengan kategori usia di atas 35 tahun yang masih tampil di Liga 1 2018. Setelah mencari data yang lebih mendalam, Bola.com menemukan ada 10 pemain veteran yang masih memperlihatkan level kompetisi yang luar biasa pada musim ini.

ke-10 pemain dengan kategori usia gaek dalam dunia sepak bola itu tersebar dari bawah mistar gawang hingga ke posisi yang biasa membobol gawang lawan.

1.405 menit adalah catatan paling sedikit dari deretan pemain tua yang masih mampu berkompetisi dengan baik, yang dimiliki kiper Mitra Kukar, Yoo Jae-hoon.

Catatan waktu yang dimiliki kiper berusia 35 tahun itu menunjukkan dirinya mampu bermain setidaknya dalam setengah kompetisi, yaitu 17 pertandingan, dengan catatan performa dua kali cleansheet dan 30 kali kebobolan.

Yoo Jae-hoon bukan satu-satunya penjaga gawang dengan usia 35 tahun yang tampil dengan level kompetisi yang bagus pada Liga 1 2018. Kiper Bali United, Wawan Hendrawan, juga mencatatkan performa yang baik bersama Serdadu Tridatu.

Wawan Hendrawan tercatat tampil dalam 30 pertandingan yang dijalani Bali United di Liga 1 2018. Ia menorehkan 2.700 menit dengan torehan 84 kali penyelamatan, hanya terpaut satu penyelamatan di belakang kiper Sriwijaya FC, Teja Paku Alam. Namun, kiper Bali United berusia 35 tahun ini berhasil mencetak 11 cleansheet, meski kebobolan hingga 40 gol.

Di lini tengah, ada satu pemain veteran yang kerap menjadi jenderal lapangan tengah dan bermain cukup konsisten, walau timnya harus terdegradasi pada akhir musim. Sosok itu adalah Legimin Raharjo, yang kini sudah berusia 36 tahun.

Legimin Raharjo tercatat tampil selama 2.073 menit dalam musim ini, atau dalam 30 pertandingan. Tak hanya berperan menjadi pengawal lini tengah PSMS, Legimin juga tercatat mencetak tiga gol dan dua assist dalam satu musim.

Sudah tiga pemain veteran yang sudah dibahas kinerjanya pada Liga 1 2018. Masih ada 7 pemain lagi veteran yang layak untuk dilihat performanya di bawah ini.

2 dari 3 halaman

Lini Pertahanan: Ismed Sofyan Tertua, Fabiano Beltrame Paling Produktif

Beralih ke lini pertahanan, ada empat pemain veteran yang layak mendapat perhatian karena performa mereka yang tetap mampu bersaing dengan mereka yang masih muda.

Ismed Sofyan, Fabiano Beltrame, Otavio Dutra, dan Leonard Tupamahu, adalah empat pemain yang cukup berperan bagi timnya masing-masing selama Liga 1 2018.

Ismed Sofyan merupakan pemain veteran yang paling tua di Liga 1 2018. Pemain yang juga berhasil membawa Persija Jakarta menjadi juara Liga 1 2018 ini memang masih memiliki peran yang sangat penting bagi Macan Kemayoran pada musim ini.

Dengan usia yang sudah menginjak 39 tahun, Ismed Sofyan masih dipercaya Stefano Cugurra Teco, pelatih Persija, untuk mengisi sisi kanan pertahanan Macan Kemayoran sebanyak 25 pertandingan.

Sebenarnya jumlah penampilannya bisa lebih banyak seandainya Ismed tak terkena sanksi dari Komisi Disiplin PSSI. Dengan 2.124 menit permainan yang diraihnya, Ismed ikut berkontribusi dengan mencetak satu gol dan empat assist.

Hadir juga nama Leonard Tupamahu yang membela Borneo FC. Pemain berusia 35 tahun itu tampil selama 1.999 menit bersama tim berjulukan Pesut Etam atau sekitar 26 pertandingan.

Kemudian ada Otavio Dutra yang musim ini kembali berseragam Persebaya Surabaya. Sempat tak diinginkan Bonek, Otavio mampu membuktikan kualitas hingga kembali disukai.

Otavio yang musim 2017 menjadi juara bersama Bhayangkara FC, berhasil menyumbangkan dua gol bagi Persebaya pada musim ini. Ia bermain sebanyak 23 pertandingan dengan detail bermain selama 1.982 menit.

Nama terakhir yang patut diapresiasi adalah bek Madura United, Fabiano Beltrame da Rosa. Pemain berusia 36 tahun itu menjadi pemain veteran di lini pertahanan yang paling banyak tampil di musim ini dengan 31 pertandingan.

Tak sekadar bermain dalam 2.656 menit, Fabiano pun ikut mencetak sembilan gol bagi Laskar Sape Kerrab pada musim ini. Tak hanya menjadi bek veteran paling sering tampil, ia pun menjadi yang paling produktif di lini belakang dalam membantu timnya mendapatkan gol.

3 dari 3 halaman

3 Striker Veteran nan Produktif di Liga 1 2018

Di lini depan, ada tiga pemain depan yang sudah berusia lebih dari 35 tahun, tetapi masih mampu bersaing untuk mencetak gol di Liga 1 2018. Tiga pemain itu bukan pemain asal Indonesia, meski dua di antaranya sudah berstatus kewarganegaraan Indonesia.

Pemain depan yang sudah memasuki usia senja sebagai pesepak bola adalah Herman Dzumafo. Pemain yang secara mengejutkan direkrut Bhayangkara FC pada awal musim 2018 ini, ternyata mampu tampil mengejutkan. Manajer Sumardji dan pelatih Simon McMenemy tidak menyangka dengan kiprah luar biasa Dzumafo.

Pemain asal Afrika yang sudah mendapatkan kewarganegaraan Indonesia itu sudah berusia 38 tahun. Dibandingkan dengan dua pemain depan veteran lainnya, Dzumafo bermain paling banyak, yaitu dalam 33 pertandingan dengan detail 2.131 menit.

Dzumafo membantu Bhayangkara FC finis di posisi ketiga dalam klasemen akhir Liga 1 2018 dengan mencetak 11 gol dan delapan assist.

Striker veteran dengan jumlah penampilan terbanyak kedua adalah Hilton Moreira. Bermain bersama Persipura Jayapura pada musim ini, Hilton yang sudah berusia 37 tahun, menjadi senjata andalan di lini depan bersama Boaz Solossa.

Total, ia tampil dalam 29 laga dengan detail bermain selama 2.541 menit. Hilton mencetak 11 gol dan empat assist sepanjang Liga 1 2018.

Nama terakhir adalah striker Sriwijaya FC, Alberto Goncalves. Pemain sudah mendapatkan kewarganegaraan Indonesia itu tampil selama 2.077 menit atau 25 pertandingan bersama Laskar Wong Kito. Dengan torehan 11 gol dan tiga assist, Beto Goncalves sebenarnya bisa mencatatkan yang lebih baik seandainya tak membela Timnas Indonesia di Asian Games dan Piala AFF 2018.

Video Populer

Foto Populer