Sukses


Persebaya Tak Membantah Incar Amido Balde dan Damian Lizio

Bola.com, Surabaya - Teka-teki perihal pemain asing incaran Persebaya perlahan mulai terkuak. Beberapa kali pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, memberikan petunjuk mengenai sosok itu.

Pelatih yang akrab disapa Djanur itu menyebutkan pemain asing Persebaya berasal dari Afrika dan Amerika Latin. Sementara untuk pemain berpaspor AFC, berasal dari Australia. Untuk pemain non-Asia itu kini sudah mulai merujuk ke nama.

Bola.com mencari informasi mengenai dua pemain asal Afrika dan Amerika Latin itu. Hasilnya, sumber itu menyebutkan nama Amido Balde dan Damian Lizio sebagai pemain yang sedang berkomunikasi dengan Persebaya.

Balde, striker kelahiran Portugal yang kemudian membela Timnas Guine-Bissau. Pemain berusia 27 tahun ini bisa jadi merupakan striker incaran Persebaya lainnya selain Christian Bekamenga, pemain asal Kamerun. Di situs transfermarkt, Balde masih berstatus pemain Al Nasr Benghazi, klub Libya.

Sementara Lizio adalah gelandang serang kelahiran Argentina yang kemudian membela Timnas Bolivia. Gelandang berusia 29 tahun yang banyak berkarier di Amerika Latin itu berstatus tanpa klub setelah membela Boliviar pada 2018.

Di sisi lain, beberapa akun Instagram yang mengatasnamakan suporter Persebaya, Bonek, telah mengunggah nama kedua pemain itu.

Manajer Persebaya, Candra Wahyudi, juga tidak membantah dua pemain asing yang sedang dalam bidikan Persebaya adalah Amido Balde dan Damian Lizio.

"Intinya, kami sudah mengajukan surat penawaran untuk pemain asing. Prosesnya kami terus jalani, melakukan komunikasi. Nanti ditunggu saja, siapa yang datang," kata Candra saat dihubungi Bola.com, Jumat (18/1/2019).

 

2 dari 2 halaman

Tinggal Pemain Asia

Saat dikonfirmasi mengenai kepastian nama pemain itu, Candra kemudian memberikan jawaban diplomatis. Ia ingin menunggu dulu regulasi pemain asing Liga 1 2019 yang akan dibahas pada Kongres PSSI di Bali pada 20 Januari 2019.

"Peraturannya juga belum jelas. Kami tunggu, setelah tanggal 20 Januari, kepastian dari PSSI nanti bagaimana soal kompetisi," imbuh manajer berusia 42 tahun tersebut.

Secara terpisah, saat dikonfirmasi, Djadjang Nurdjaman tidak membantah kabar ini. Apalagi, dia juga melihat informasi ini telah bocor hingga ke sosial media. "Kalau sudah bocor mau bilang apa lagi? Manajemen tidak keberatan, ya sudah," ucapnya.

Djanur kemudian menegaskan kedua pemain itu masih belum sah menjadi milik Persebaya. Seperti yang dikatakan Candra, manajemen Persebaya dan pihak perwakilan pemain asing itu masih dalam perbincangan dan negosiasi.

"Statusnya masih proses. Yang pasti, saya sudah menyodorkan nama kepada manajemen, dan mereka langsung mengejar. Saya tinggal menunggu kepastian itu dari manajemen," imbuh Djanur, sapaan akrab sang pelatih, saat dihubungi Bola.com, Jumat siang.

Dengan munculnya nama Balde dan Lizio, tinggal satu pemain asing lagi incaran Persebaya yang masih belum terkuak. Sosok itu, seperti dikatakan Djanur, berasal dari Australia dan belum pernah berkiprah di Indonesia.

Video Populer

Foto Populer