Sukses


Bambang Pamungkas dan 3 Pesepak Bola Indonesia yang Punya Julukan Unik

Bola.com, Jakarta - Beberapa pesepak bola pada umumnya memiliki julukan. Nama panggilan biasanya diberikan oleh penggemar hingga media. Fenomena tersebut pun dialami sejumlah pemain profesional Indonesia, yang satu di antaranya adalah Bambang Pamungkas.

Sejak memulai kariernya bersama Persija pada 1999, Bambang berhasil mencuri perhatian. Dia mampu mendulang 24 gol dari 30 pertandingan pada musim perdananya.

Berbagai gelar juara pun sukses diraih Bambang selama kariernya. Satu prestasi yang paling dikenang adalah ketika dia menjuarai Liga Indonesia bersama Persija pada 2001. 

Kontribusi positif Bambang terus berlanjut dan membuatnya menjadi idola. Pemain asal Semarang itu dielu-elukan karena mampu mengangkat performa tim ke level tertinggi. 

Para suporter lantas memanggil Bambang sebagai Bepe. Bepe sejatinya adalah pengucapan dari inisial Bambang Pamungkas (BP). Nama panggung itu pun terus melekat dalam diri sang pemain hingga saat ini.

Akan tetapi, Bambang Pamungkas bukanlah satu-satunya pemain Indonesia yang memiliki julukan unik. Setidaknya ada tiga sosok lain. Berikut ini Bola.com menjabarkannya untuk pembaca setia.

 

2 dari 4 halaman

Cristian Gonzales

Cristian Gonzales merupakan pemain fenomenal di kompetisi Indonesia. Sosok 42 tahun itu langsung unjuk gigi kala berseragam PSM Makassar pada musim 2003-2004.

Gonzales mendulang 66 gol dari 56 pertandingan. Keran gol Gonzales terus mengucur deras meski berganti seragam bersama Persik Kediri, Persib Bandung, dan Arema.

Julukan El Loco lantas disematkan untuk Gonzales karena ketajaman mengoyak gawang lawan. Dalam bahasa Indonesia, nama itu memiliki arti "Si Gila".

3 dari 4 halaman

Andik Vermansah

Andik memiliki kemampuan berlari yang cepat. Lawan tidak jarang bermain keras untuk menghentikan eks penggawa Persebaya Surabaya tersebut.

Tidak hanya piawai menggiring bola, Andik juga memiliki kemampuan mencetak gol. Situasi itu lantas membuatnya dijuluki Lionel Messi dari Indonesia.

Media Vietnam, he Thao Van Hoa, merupakan pihak pertama yang memberi julukan tersebut. Panggilan itu muncul saat Timnas Indonesia yang diperkuat Andik bakal menghadapi Vietnam pada 2016.

4 dari 4 halaman

Egy Maulana Vikri

Nama Egy Maulana Vikri melambung ketika menjadi top scorer di Piala AFF U-18 2017 dengan koleksi delapan gol. Kepiawaiannya mengolah si kulit bulat membuat Egy dikagumi banyak pihak.

Teknik olah bola Egy lantas membuatnya dijuluki Messi dari Indonesia. Bahkan, julukan tersebut tidak hanya bergema di Tanah Air, melainkan di Eropa.

Pesona Egy pun menarik atensi klub Polandia, Lechia Gdansk. Pemain asal Sumatra Utara itu terikat kontrak berdurasi tiga musim, atau hingga 2021.

Video Populer

Foto Populer