Sukses


Pengakuan Perangkat Pertandingan: Laga Liga 1 Sudah Banyak Diatur

Bola.com, Surabaya - Wasit Liga 1 diduga terindikasikan terlibat pengaturan skor dalam pertandingan. Hal itu muncul dalam tayangan Mata Najwa dengan tajuk "PSSI Bisa Apa Jilid 4: Darurat Sepak Bola", Rabu malam (20/2/2019).

Di acara itu, Najwa Shihab selalu pembawa acara menghadirkan sosok seorang perangkat pertandingan tanpa mengungkap jati diri sang narasumber. Najwa kemudian mewawancarai kemungkinan dugaan pengaturan skor di Liga 1.

Menurut perangkat pertandingan itu, hampir semua pertandingan memang sudah diatur sedemikian rupa.

"Pertandingan Liga 1 sudah banyak diatur. Itu sudah bukan rahasia umum lagi, setiap pertandingan ada permainan. Hampir semuanya (ada permainan)," katanya menjawab pertanyaan Najwa.

Lebih lanjut, ia kemudian membeberkan beberapa pihak yang kemungkinan terlibat. Dia dengan tegas menyebut Komite Wasit PSSI juga ikut berperan dalam praktik ini.

Bahkan, dia juga mengatakan semua wasit di Liga 1 terlibat dalam dugaan itu.

"Semuanya. (Saya) tahu pasti. Mereka kan semuanya penugasan dari Komite Wasit. Jadi kalau mau bermain, klub-klub itu sudah tahu. Misalnya, main di satu klub, nanti pihak klub yang menghubungi wasitnya. Kalau menang, dapat sekian," imbuhnya.

Najwa kemudian menanyakan lebih lanjut siapa orang yang kerap turut andil dalam praktik ini. Ada dua sosok inisial yang disebut oleh perangkat pertandingan tersebut.

"NK di Komite Wasit. Mungkin Exco. Exco itu ke Komite Wasit PSSI, dia yang memerintahkan," jawabnya.

Saat ada "pesanan" dari klub, nominal angka biasanya langsung disebutkan. Setelah itu, perangkat pertandingan membagi hasil dari "pesanan" itu secara merata.

Dalam setiap pertandingan, ada empat wasit yang bertugas sebagai perangkat pertandingan. Di antaranya wasit utama, asisten wasit 1, asisten wasit 2, dan wasit cadangan.

Pembagian itu memang dilakukan kepada perangkat pertandingan. "Iya, ke perangkat pertandingan," ucapnya.

Video Populer

Foto Populer