Sukses


Vietnam Kehilangan 2 Sosok Penting Jelang Kualifikasi Piala AFC U-23 2020

Bola.com, Hanoi - Persiapan Timnas Vietnam U-23 jelang Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 diwarnai pengunduran diri dua orang yang masuk tim pelatih. Satu di antara tim pesaing Timnas Indonesia U-23 di Grup K ini ditinggalkan pelatih fisik serta penerjemah andalan.

Vietnam News menulis pelatih kepala Timnas Vietnam U-23, Park Hang-seo, terpaksa meminta Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), atas rekomendasinya, untuk mencarikan pengganti dua sosok penting dalam tim kepelatihannya itu.

Hal itu menyusul penyelenggaraan kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang tinggal dua pekan lagi. Sebagai tuan rumah, Vietnam ingin memastikan lolos ke putaran final Piala AFC U-23 yang digelar tahun depan di Thailand. Belum lagi, Timnas Vietnam U-23 merupakan finalis edisi sebelumnya, 2018.

Dalam persiapan, Park kehilangan pelatih fisik, Willander Fonseca, yang bersamanya sejak akhir 2018. Fonseca datang menggantikan pelatih fisik sebelumnya, Bae Ji-won.

Meski tergolong belum lama bekerja dengan Park dan asisten pelatih lainnya, pengalaman Fonseca selama 10 tahun di bidangnya, cukup membantu kerja Park.

Willander Fonseca memulai kariernya pada usia 20 tahun di Brasil, kemudian hijrah ke klub Thai League 1, Buriram United pada 2015, berlanjut menangani Timnas Kamboja pada 2017.

Semula Fonseca meminta izin kepada VFF untuk meninggalkan tugasnya sementara waktu lantaran ia ingin mengikuti kursus kepelatihan A AFC di Kamboja, dan setelah itu akan kembali ke Vietnam.

Namun, VFF menolak permintaan itu lantaran Timnas Vietnam U-23 sedang bersiap menyongsong kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Fonseca lantas memutuskan mengundurkan diri.

Selain Fonseca, Park juga kehilangan penerjemahnya yang bernama Phan Duy Tuan. Phan mendampingi Park selama Piala AFF 2018 dan Piala Asia 2019. Phan mundur karena ingin lebih fokus menjadi dosen.

Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 akan digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, pada 22-26 Maret 2018. Selain Timnas Vietnam U-23 sebagai tuan rumah, Grup K juga diisi Indonesia, Thailand, serta Brunei Darussalam.

Sumber: Vietnam News

Video Populer

Foto Populer