Sukses


5 Calon Top Scorer Piala Presiden 2019

Bola.com, Jakarta - Fase grup Piala Presiden 2019 yang ditayangkan Indosiar telah rampung pada Sabtu (16/3/2019). Delapan tim memastikan melangkah ke perempat final. Persaingan individu pemain untuk menjadi pencetak gol terbanyak pun juga menarik untuk diikuti.

Persebaya Surabaya, Tira-Persikabo, Bhayangkara FC, Kalteng Putra, Persija Jakarta, Madura United, Persela Lamongan, dan Arema FC menjadi delapan tim yang akan terus berlaga di Piala Presiden 2019 pada 29 dan 31 Maret mendatang.

Keberhasilan delapan tim tersebut lolos ke fase knockout tak lepas dari kecemerlangan para pemainnya, termasuk dalam mencetak gol kemenangan.

Hingga fase grup selesai, dua pemain bercokol di puncak daftar top scorer Piala Presiden 2019, yaitu Bruno Matos dari Persija Jakarta dan Melvin Platje dari Bali United.

Namun, dari kedua pemain tersebut, hanya Bruno Matos yang masih memiliki peluang untuk menambah pundi-pundi golnya mengingat Persija melangkah ke perempat final, sementara Melvin Platje dan Bali United sudah tersingkir.

Kendati demikian, bukan berarti Bruno Matos menjadi satu-satunya calon top scorer Piala Presiden 2019, melanjutkan dominasi Persija yang dalam Piala Presiden 2018 juga memiliki pemain yang terpilih sebagai top scorer, yaitu Marko Simic dengan 11 gol.

Selain Matos, masih ada sejumlah pemain yang memiliki kesempatan untuk mengejar perolehan gol pemain asal Brasil itu di fase knock-out.

Dalam kesempatan ini, Bola.com mengulas lima pemain yang masih memiliki potensi untuk menjadi top scorer Piala Presiden 2019.

2 dari 6 halaman

Bruno Matos (Persija Jakarta)

Playmaker asing Persija Jakarta yang satu ini telah membuktikan kualitas yang luar biasa dalam setiap pertandingan yang dijalani oleh Macan Kemayoran di setiap kompetisi. Kehadirannya sebagai mesin gol pun mampu menutupi lubang yang ditinggalkan Marko Simic yang masih berada di Australia untuk urusan hukum.

Bruno Matos pun memperlihatkan performa luar biasa selama membela Persija di Piala Presiden 2019. Dalam tiga pertandingan yang dijalani Persija di fase grup, pemain asal Brasil itu tak pernah absen mencetak gol untuk Macan Kemayoran.

Gol pertama Bruno Matos di Piala Presiden 2019 dicetak saat Persija menang telak 5-0 atas Borneo FC di laga pertama. Pemain asal Brasil itu kembali mencetak satu gol dari dua gol Persija saat bermain imbang 2-2 dengan Madura United di laga kedua.

Persija sempat terbang ke Myanmar untuk menjalani laga Piala AFC 2019, di mana Bruno Matos mencetak dua gol dalam kemenangan 3-1 yang diraih Persija atas Shan United. Kembali dari Myanmar dan langsung menghadapi PSS Sleman di laga terakhir Grup D Piala Presiden 2019, Bruno Matos mencetak dua gol Persija dalam kemenangan 2-0 atas tuan rumah Grup D Piala Presiden 2019 itu.

Saat ini, Bruno Matos yang paling berpeluang untuk menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Presiden 2019, mengingat jumlah empat gol yang sudah dicetaknya hingga sejauh ini hanya bisa disamakan oleh pemain Bali United, Melvin Platje, yang sudah tak mungkin menambah lagi pundi-pundi golnya setelah Bali United tersingkir.

3 dari 6 halaman

Anderson Salles (Bhayangkara FC)

Seperti halnya Bruno Matos di Persija Jakarta, kompatriotnya di Bhayangkara FC, Anderson Salles, juga memperlihatkan performa yang luar biasa bersama The Guardians di turnamen pramusim pertamanya sejak tiba di Indonesia. Seperti rekan senegaranya, Bruno Matos, Anderson Salles juga selalu mencetak gol dalam setiap pertandingan yang dijalani Bhayangkara FC di Grup B Piala Presiden 2019.

Anderson Salles langsung tampil menggebrak di pertandingan pertama Bhayangkara FC di Piala Presiden 2019. Dalam laga kontra Semen Padang yang berakhir dengan kemenangan 4-2 untuk Bhayangkara FC, Anderson Salles merupakan pencetak gol pembuka saat laga baru berjalan sembilan menit.

Bek tengah asal Brasil itu pun dipercaya oleh pelatih Bhayangkara FC, Angel Alfredo Vera, untuk menjadi eksekutor penalti. Dua gol yang dicetak Anderson Salles di laga kontra Mitra Kukar dan Bali United pun berasal dari titik putih.

Dengan tiga gol yang sudah dicetaknya hingga saat ini, di mana Bhayangkara FC juga tercatat sebagai satu-satunya tim yang lolos dengan catatan sempurna, Anderson Salles masih berpotensi untuk bisa menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Presiden 2019.

Kerap maju dalam situasi sepak pojok dan tendangan bebas, Anderson Salles punya banyak opsi untuk mencetak gol, termasuk lagi-lagi dari titik putih. Dengan kondisi tersebut, bukan tidak mungkin Anderson bisa melampaui catatan yang dimiliki Bruno Matos.

4 dari 6 halaman

Osas Saha (Tira-Persikabo)

Striker naturalisasi yang kini membela Tira-Persikabo ini telah memperlihatkan ketajamannya dalam dua laga pertama Grup A Piala Presiden 2019. Dengan keberhasilan Tira-Persikabo lolos ke perempat final Piala Presiden 2019, gerbang Osas Saha untuk terus memperlihatkan ketajamannya masih terbuka lebar.

Osas Saha langsung tampil mengejutkan ketika Tira-Persikabo harus menghadapi Persib Bandung dalam laga pembuka Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Dua gol yang dicetaknya membawa Tira-Persikabo menang 2-1 atas tim tuan rumah.

Ketajaman Osas Saha berlanjut di laga kedua, di mana timnya kembali menang atas Perseru Serui. Osas Saha mencetak gol pembuka kemenangan Tira-Persikabo meski pada akhirnya mendapatkan kartu merah dan harus absen di pertandingan terakhir Grup A Piala Presiden 2019.

Namun, laga perempat final Piala Presiden 2019 akan menjadi comeback yang tepat bagi Osas Saha untuk kembali memperlihatkan ketajamannya. Pemain kelahiran Nigeria itu pun bisa menjadi pencetak gol terbanyak seiring perjalanan Tira-Persikabo melaju jauh di Piala Presiden 2019.

5 dari 6 halaman

Manuchekhr Dzalilov (Persebaya Surabaya)

Manuchekhr Dzalilov sukses memperlihatkan kualitasnya sebagai seorang gelandang serang yang tajam untuk Persebaya Surabaya di fase grup Piala Presiden 2019. Tiga gol yang dicetaknya untuk Persebaya membuatnya kini menjadi pencetak gol terbanyak untuk Bajul Ijo di turnamen pramusim tersebut.

Dzalilov sukses menjadi pahlawan Persebaya Surabaya ketika menjalani laga pertama Grup A Piala Presiden 2019 menghadapi Perseru Serui. Dalam keadaan imbang 2-2, pemain asal Tajikistan tersebut sukses mencetak gol penentu kemenangan Persebaya pada menit ke-90.

Tak hanya menjadi pahlawan kemenangan Persebaya di laga pertama, Dzalilov berhasil mencetak dua gol ketika Persebaya Surabaya menang 3-2 atas Persib Bandung di laga kedua.

Tiga gol sudah dikemasnya hingga saat ini, dan dengan keberhasilan Persebaya Surabaya lolos ke perempat final, pemain yang musim lalu membela Sriwijaya FC itu masih bisa memperlihatkan ketajaman dan menambah pundi-pundi golnya di Piala Presiden 2019.

6 dari 6 halaman

Amido Balde (Persebaya Surabaya)

Ketimbang empat nama di atas yang sudah mengemas tiga gol dan lebih, Amido Balde saat ini baru mengemas dua gol bagi Persebaya Surabaya di Piala Presiden 2019. Posisinya sama seperti 12 pemain lain yang juga sudah mencetak dua gol di Piala Presiden 2019.

Namun, yang membedakan Balde dengan yang lain adalah, striker asal Guinea-Bissau itu sudah membuktikan kualitasnya di kompetisi lain, yaitu Piala Indonesia. Dalam kompetisi antar-kasta sepak bola Indonesia itu, Amido Balde tercatat sudah mencetak 10 gol untuk Persebaya.

Jadi, dua gol yang dicetaknya ketika Persebaya Surabaya menang 3-2 atas Perseru Serui di laga pertamanya di Grup A Piala Presiden 2019 merupakan bukti pemain yang satu ini masih bisa menjadi ancaman di fase knockout Piala Presiden 2019.

Video Populer

Foto Populer