Sukses


Gagal Perkuat Timnas Indonesia U-23, Ezra Walian Banjir Dukungan

Bola.com, Jakarta - Ezra Walian batal memperkuat Timnas Indonesia U-23 di kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Ezra tak bisa berseragam Skuat Garuda karena sebelumnya pernah membela timnas Belanda U-17.

Pemain 21 tahun tersebut telah ikut berlatih bersama Timnas Indonesia U-23 sejak 14 Maret 2019. Meski belum lama bergabung, Ezra tetap diikutsertakan pelatih skuat Garuda, Indra Sjafri, ke Vietnam untuk tampil pada laga Grup K kualifikasi Piala AFC U-23.

Akan tetapi, nama Ezra Walian tak bisa didaftarkan sebagai bagian dari 23 pemain Timnas Indonesia U-23 pada sesi Match Coordination Meeting (MCM) di Hanoi, Vietnam, Kamis (21/3/2019).

Dia terganjal urusan administrasi, yakni pernah bermain untuk timnas Belanda U-17 pada laga kualifikasi Piala Eropa U-17. Ketika itu, sang pemain tampil dalam laga melawan Georgia dan San Marino.

Hal tersebut yang kemudian dipermasalahkan oleh AFC. Setelah berkonsultasi dengan FIFA, Ezra diputuskan tidak boleh tampil bersama Timnas Indonesia.

Meski telah menjadi warga negara Indonesia sejak 20 Maret 2017, Ezra dianggap tidak sah memperkuat tim Garuda karena pernah membela Belanda U-17 pada pertandingan 'level A'.

"Berdasarkan Regulations Governing the Application of the FIFA Statutes, pemain yang memiliki kewarganegaraan baru hanya boleh satu kali meminta pindah kepada asosiasi yang memberikannya hak bermain, antara lain, bahwa pada penampilan penuh atau sebagai pemain pengganti pertamanya di laga internasional resmi untuk asosiasinya, maka dia telah memiliki kewarganegaraan dari tim yang diwakilinya itu," bunyi surat dari FIFA.

"Konsekuensinya, dan berdasarkan data dari dokumen yang dikirimkan, Ezra Walian tidak berhak untuk meminta berpindah asosiasi, meski ada fakta ia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi pertamanya sebagai satu perwakilan dari Timnas Belanda," lanjut pernyatan tersebut.

2 dari 2 halaman

Dukungan Mengalir untuk Ezra Walian

Sebelum dipermasalahkan oleh FIFA dan AFC, Ezra Walian sebenarnya pernah memperkuat Timnas Indonesia dalam pertandingan 'level A'. Dia tampil pada laga persahabatan melawan Myanmar di Stadion Pakansari, Cibinong, 21 Maret 2017.

Dalam laga tersebut, Ezra bermain pada paruh kedua. Dia masuk ke lapangan pada menit ke-46 menggantikan peran Ahmad Nur Hardianto. Selain itu, pemain RKC Waalwijk tersebut juga tampil membela Timnas Indonesia U-22 pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia.

Kegagalan memperkuat Timnas Indonesia U-23 di kualifikasi Piala AFC U-23, bahkan juga timnas senior membuat Ezra Walian mendapat dukungan. Akun Instagram Ezra @ezrawalian dibanjiri dukungan suporter di Tanah Air

@amafa49: Tetap semangat Ezra. You all the best

@dickyasng: Stay Strong Brother

@iqbalfrmansyh: Semangat bro semoga masalahnya cepat selesai

@manda_cavarella: Semangat kawan.. Indonesia membutuhkan mu

@muhammadardiar: Tetep semangat ezra, sampai kapanpun indonesia selalu mencintaimu

Video Populer

Foto Populer