Sukses


Matchday Kedua Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 Berakhir, Belum Ada Tim yang Lolos ke Putaran Final

Bola.com, Jakarta - Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 hanya tinggal menyisakan satu matchday lagi yang akan digelar pada Selasa (26/3/2019).

Meski ada 18 tim yang meraih kemenangan dalam dua laga pertama mereka, belum ada satu tim pun yang sudah memastikan langkah lolos ke putaran final, kecuali Thailand yang merupakan tuan rumah Piala AFC U-23 2020.

Dari catatan yang didapatkan Bola.com, 18 tim berhasil meraih enam poin dalam dua laga pertama kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Namun, dari keberhasilan tim-tim tersebut, belum ada satu pun tim yang sudah dinyatakan lolos ke putaran final Piala AFC U-23.

Qatar dan Oman di Grup A, Palestina dan Bahrain di Grup B, Irak dan Iran di Grup C, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi di Grup D, Yordania dan Suriah di Grup E, Korea Selatan dan Australia di Grup H, Jepang dan Myanmar di Grup I, China dan Malaysia di Grup J, serta Thailand dan Vietnam di Grup K, merupakan tim-tim yang sudah meraih hasil positif dalam dua laga pertama mereka.

Namun, kondisi 9 grup tersebutlah yang membuat belum ada satu pun tim yang bisa dinyatakan lolos kecuali Thailand selaku tuan rumah Piala AFC U-23 2020. Masing-masing grup akan mempertemukan kedua tim dengan poin sempurna dalam dua laga tersebut di laga terakhir yang digelar Selasa (26/3/2019).

Regulasi turnamen yang hanya meloloskan juara grup secara otomatis dan memasukkan runner-up tiap grup masuk dalam klasemen runner-up terbaik membuat tak satu pun tim sudah bisa dinyatakan lolos.

Palestina dan Bahrain di Grup B misalnya. Tim mana pun yang akan menjadi pemenang di laga terakhir, dialah yang akan dipastikan langsung lolos. Sementara yang kalah harus siap beradu raihan poin dan gol dengan runner-up dari grup lain.

Bahkan meski runner-up di sembilan grup tersebut dipastikan akan memiliki enam poin, ketika masuk dalam klasemen runner-up akan berubah. Poin dan jumlah gol mereka otomatis akan berkurang karena hasil pertandingan kontra tim dengan peringkat terburuk di masing-masing grup tidak akan dihitung.

 

2 dari 3 halaman

Regulasi

Hal tersebut tidak lepas dari regulasi yang berlaku setelah Pakistan mengundurkan diri dari Grup F sebelum turnamen kualifikasi tersebut dimulai. Sebagai gambaran di Grup K, ada Thailand dan Vietnam yang akan memperebutkan status sebagai juara grup di laga terakhir.

Tim yang kalah akan memiliki status sebagai runner-up, yang perhitungan di klasemen runner-up akan dikurangi hasil pertandingan tim tersebut ketika menghadapi tim dengan posisi terakhir di Grup K, entah Timnas Indonesia U-23 atau Brunei Darussalam, tergantung siapa yang kalah dalam laga terakhir pada Selasa (26/3/2019).

Dari 11 tim berstatus runner-up, hanya akan diambil lima runner-up terbaik, mengingat Thailand yang akan menjadi tuan rumah Piala AFC U-23 2020 sudah dipastikan berada di dua posisi teratas di Grup K.

Timnas Indonesia u-23 kalah 0-1 dari Vietnam pada Kualifikasi Piala AFC U-23 2019, Minggu (25/3/2019) di Stadion My Dinh, Hanoi. (PSSI)

Jika Thailand menjadi juara Grup K, maka hanya ada 10 tim juara grup di luar Thailand yang sudah pasti lolos, sehingga membutuhkan lima tim dari runner-up terbaik untuk melengkapi peserta putaran final Piala AFF U-23 2020 menjadi 16 tim.

Jika Thailand kalah dari Vietnam di pertandingan terakhir Grup K dan harus menyandang status runner-up grup, Thailand sudah otomatis masuk dalam lima tim runner-up terbaik. Jika Thailand berada di peringkat keenam hingga ke-11 dalam klasemen runner-up, maka jumlah runner-up terbaik yang diambil hanya 4 tim teratas saja.

Thailand, juga termasuk Vietnam, memang masih mungkin terlempar dari peringkat lima besar runner-up terbaik jika kalah pada laga terakhir mereka.

Seandainya Timnas Indonesia U-23 mampu mengalahkan Brunei Darussalam dalam laga terakhir Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020, maka otomatis perolehan nilai dan begitu banyak gol yang dicetak oleh Thailand atau Vietnam ke gawang Brunei tak akan dihitung ketika mereka berada di klasemen runner-up.

3 dari 3 halaman

22 Tim yang Masih Berpotensi ke Putaran Final Piala AFC U-23 2020

Grup A: Qatar dan Oman

Grup B: Palestina dan Bahrain

Grup C: Irak dan Iran

Grup D: Uni Emirat Arab dan Arab Saudi

Grup E: Yordania dan Suriah

Grup F: Uzbekistan, Tajikistan

Grup G: Korea Utara, Hong Kong, Singapura

Grup H: Korea Selatan dan Australia

Grup I: Jepang dan Myanmar

Grup J: China dan Malaysia

Grup K: Vietnam

*Thailand di Grup K sudah dipastikan lolos sebagai tuan rumah Piala AFC U-23 2020.

Video Populer

Foto Populer