Sukses


Bonek Berbagi Bunga kepada Pengendara Berplat N dan B di Surabaya

Bola.com, Surabaya - Suporter Persebaya Surabaya, Bonek, melakukan aksi yang cukup unik untuk berbagi kebahagiaan. Mereka membagikan 1000 bunga mawar kepada kendaraan bermotor dengan plat N dan B di Surabaya, Sabtu (20/4/2019).

Dua plat kendaraan itu identik dengan Malang dan Jakarta. Warga asal dua kota itu dianggap punya kaitan dengan suporter Arema FC dan Persija Jakarta yang menjadi rival Persebaya.

Terdapat tiga lokasi di Jalan Mayjend Sungkono yang menjadi tempat mereka berbagi. Masing-masing di perempatan arah Dukuh Kupang, arah pintu tol Kota Satelit, dan Bukit Mas.

"Kami ingin membuktikan bahwa kendaraan dari manapun bisa datang ke Surabaya dengan nyaman. Pembagian bunga ini juga menunjukkan kami justru berbagi kebahagiaan dengan mereka," kata Agus Bimbim Tessy, dirijen Bonek Tribun Kidul kepada Bola.com, Sabtu.

Aksi ini mereka lakukan terkait rivalitas dengan dua kelompok suporter, yaitu Aremania (Arema FC) dan The Jakmania (Persija Jakarta). Sejak dulu, suporter memiliki kebiasaan melakukan sweeping terhadap suporter rival.

Selain itu, Bonek juga merespons keputusan dari pihak kepolisian saat menggelar leg kedua final Piala Presiden 2019 di Malang, 12 April lalu. Saat itu, kendaraan berplat nomor L (Surabaya) dan W (Gresik dan Sidoarjo) dihimbau untuk tidak pergi ke Malang.

"Kami tidak ingin membalas apa yang mereka lakukan itu dengan hal serupa. Kami justru menyambut kendaraan asal Malang dengan tangan terbuka. Kami bahkan tahu plat mana yang asli Malang," ucap Agus Bimbim.

2 dari 2 halaman

Rivalitas Bonek dengan Aremania dan The Jakmania

Plat nomor N memang tidak hanya dimiliki oleh kendaraan asal Malang Raya saja. Terdapat lima daerah lain yang menggunakannya, yaitu Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang.

Terdapat perbedaan mencolok yang menandai kendaraan asal Malang Raya, yang terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Kendaraan itu disertai huruf belakang antara A-L. Sementara itu, sisanya merupakan kendaraan luar Malang Raya.

Seorang pengendara mobil asal Malang ikut terharu dengan aksi yang dilakukan Bonek ini. Pria yang tak ingin disebutkan namanya itu sampai menangis melihat rivalitas yang seharusnya tidak terjadi ini.

"Saya warga asli Malang dan merasa terharu dengan apa yang dilakukan Bonek. Semoga suatu saat, Aremania dan Bonek menjaga perdamaian Jawa Timur," ucap pria tersebut.

Derbi Jatim merupakan wadah rivalitas antara Persebaya dan Arema untuk menunjukkan klub terbaik di Jawa Timur. Bonek dan Aremania sampai saat ini tercatat sebagai dua kelompok suporter yang belum akur.

Selama ini, banyak warga Malang mencari penghasilan di Surabaya dan begitu juga sebaliknya. Termasuk, terdapat pula mahasiswa asal Surabaya yang berkuliah dan berdomisili di Malang serta memiliki kendaraan dengan plat nomor asalnya.

Video Populer

Foto Populer