Sukses


Pelatih Persib dan Kisah Hotel Klasik Era Belanda di Bandung

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts terkesan dengan acara launching skuat Maung Bandung yang digelar di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (11/5/2019).

Meski digelar sederhana, tempat acara mengingatkan Robert pada masa lalu keluarganya.

"Ini hal yang bagus karena kami launching di Hotel Savoy Homman. Ayah saya pernah tinggal di sini ketika hotel ini di bangun. Jadi saya merasa senang tim ini mulai dari hotel ini," kata Robert.

Diakui Robert, ayahnya pernah ke Savoy Homann pada tahun 1930-an. Pada era itu, Bandung masih dikuasai oleh Belanda.

Hotel itu sebenarnya sudah dibangun pada 1980-an oleh keluarga asal Jerman, Homann. Pada awal didirikan, bangunan hotel berupa penginapan sederhana berbentuk panggung.

Seiring berjalannya waktu, bangunan Hotel Savoy Homann berubah. Hotel Savoy Homann jadi bagian dari sejarah Indonesia setelah menjadi tempat diselengarakannya Konferensi Asia Afrika pada 18–24 April 1955.

Garden Atrium di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann (Liputan6.com/Pool/Savoy Homann)

Mantan pelatih PSM Makassar itu memang belum lahir saat sang ayah berada di Bandung. Seperti diketahui, pelatih asal Belanda itu lahir pada tahun 1954, atau sembilan tahun setelah Indonesia merdeka.

Robert merasa Kota Bandung adalah rumah sendiri. Apalagi di Bandung juga banyak bangunan peninggalan Belanda. Oleh pemerintah Belanda zaman dulu, Bandung memang dirancang sebagai kota singgah dan istirahat.

"Saya juga mulai di tempat yang sama. Jadi saya merasa seperti keluarga dan seperti di rumah sendiri," ungkapnya.

Robert berharap Persib tampil maksimal dalam setiap pertandingan dan memenuhi target. Setelah tim diluncurkan, Robert merasa ada motivasi tambahan.

"Ini Liga yang profesional, maka pemain harus merasa nyaman, persiapan yang baik, organisasi yang bagus, dan peluncuran ini sangat bagus dan profesional. Ini jadi inspirasi bagi pemain musim ini," katanya.

Robert Alberts dikontrak oleh Persib Bandung selama dua musim dengan opsi perpanjangan. Targetnya adalah membawa tim Pangeran Biru meraih juara Liga 1 2019.

Video Populer

Foto Populer