Sukses


Prediksi PSM Vs Badak Lampung FC: Juku Eja Ingin Pertahankan Tren Positif

Bola.com, Makassar - PSM Makassar wajib menekuk Perseru Badak Lampung FC pada laga pekan kedua Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Jumat (23/5/2019). Tiga poin jadi harga mati buat menjaga tren positif yang sudah terukir pada awal musim lalu.

Pada Liga 1 2018, Juku Eja menjadi satu-satunya tim yang tak terkalahkan pada 10 laga awal. Musim ini, skuat Darije Kalezic sudah mengawalinya dengan kemenangan atas Semen Padang 1-0 pada pekan pertama (20/5/2019).

Berada satu kelas di atas tim tamu tak membuat Juku Eja jemawa. Pelatih PSM, Darije Kalezic merasa perlu mewaspadai kebangkitan sang tamu yang baru saja dipermalukan tiga gol tanpa balas oleh Tira Persikabo di Stadion Pakansari Bogor (18/5/2019).

"Penampilan sebuah tim tak selalu sama di setiap partai. Itulah mengapa saya menilai penampilan Badak Lampung FC bakal lebih baik dibandingkan pekan pertama. Saya sudah tekankan kepada pemain agar tetap fokus sepanjang pertandingan," ujar Darije.

Darije pun meminta pemainnya agar mencetak gol secepat mungkin. Masalahnya tak mudah buat PSM mewujudkannya. Apalagi sehari sebelum pertandingan, dua pilarnya, Eero Markkanen dan Wiljan Pluim masih bermasalah pada cedera masing-masing. Markkanen masih merasa nyeri di pinggangnya. Sedang Pluim harus menjalani perawatan intensif untuk memulihkan cedera lututnya.

"Saya menunggu perkembangan mereka. Kalau tidap siap, tidak mungkin saya memainkan mereka," tegas Darije.

Darije mengungkapkan dirinya akan mengoptimalkan pemain yang siap bila keduanya absen. Sebagai pelapis Markkanen, Guy Junior menjadi opsi utama karena Ferdinand Sinaga masih menjalani program pemulihan cedera.

Untuk pengganti Pluim, masih ada Rasyid Bakri, gelandang asli Makassar yang bisa berperan sebagai pengatur serangan. Darije sudah memakai opsi ini ketika PSM menekuk tuan rumah Lao Toyota 3-0 pada partai terakhir Grup H Piala AFC 2019 (14/5/2019).

Apalagi, lini tengah PSM memang tengah on fire menyusul masuknya dua gelandang box to box, Marc Klok dan Rizky Pellu dalam daftar nama pemain yang dipanggil manajemen Timnas Indonesia untuk menjalani pemusatan latihan.

Sementara itu, di lain pihak, Darije mulai tak risau menyusul membaiknya kinerja lini belakang yang sempat jadi sorotan. Dalam tiga partai terakhir yang mereka lakoni, gawang Juku Eja yang dijaga Rivki Mokodompit tak pernah lagi kebobolan.

"Saat ini saya lebih fokus pada tim sendiri daripada memikirkan Badak Lampung FC. Saya sudah tekankan kepada pemain agar tampil 100 persen untuk memburu kemenangan dan membuat suporter bahagia pada akhir pertandingan," terang pelatih PSM itu.

2 dari 3 halaman

Badak Lampung FC Tak Ingin Pulang dengan Tangan Hampa

Sementara itu, pelatih Badak Lampung FC, Jan Saragih, menegaskan skuatnya datang ke Makassar bukan untuk kalah. Hasil minor di kandang Tira Persikabo sudah dilupakan.

"Kami datang ke Makassar dengan motivasi baru. Saya dan pemain sudah tidak mengingat lagi kekalahan di Bogor," tegas Jan Saragih.

Jan mengakui PSM adalah tim kuat dan kerap tampil trengginas bila bermain di Makassar. Juku Eja pun masih berkiprah di Piala AFC 2019. Itulah mengapa Jan mengungkapkan dirinya meminta pemainnya agar meminimalisasi kesalahan di markas Juku Eja. Menurut Jan, secara teknis tidak ada masalah yang signifikan dalam skuatnya.

"Kami adalah klub yang sedang membangun tim. Saat bertanding di Bogor, kami juga mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Saya berharap hal ini tidak tidak terjadi Makassar," ujar mantan asisten pelatih Persija Jakarta itu.

Untuk menjebol gawang PSM, Badak Lampung FC bertumpu kepada penyerang lawas, TA Mushafry dan Marcus Vidal, tombak asal Brasil. Sementara lini belakang, Laskar Saburai bertopang pada bek asal Jepang, Kunihiro Yamasita.

"Motivasi pemain sangat tinggi untuk mencuri poin di Makassar. Kami tak ingin pulang dengan tangan hampa," tegas Jan Saragih.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Asnawi Mangkualam, Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi (belakang); Wiljan Pluim, Rizky Pellu, Marc Klok (tengah); Zulham Zamrun, Eero Markkanen, M. Rahmat (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Badak Lampung FC (4-3-3): Yoewanto Stya Beny (kiper); Kurniawan Karman, Miftah Sani, Kunihiro Yamashita, Syahria Mustofa (belakang); Fernandinho, Aulia Hidayat, Marquinhos (tengah); Muhammad Fahri, TA Mushafry, Melcior Majefat (depan)

Pelatih: Jan Saragih

Video Populer

Foto Populer