Sukses


Prediksi PSM Vs Becamex Binh Duong: Momentum Kebangkitan Juku Eja

Bola.com, Bogor - PSM Makassar berada dalam posisi tidak menguntungkan saat menjamu Becamex Binh Duong (Vietnam) pada leg kedua semifinal Piala AFC 2019 zona Asia Tenggara di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (26/6/2019).

Juku Eja wajib menang dengan margin minimal dua gol untuk lolos, setelah kalah 0-1 di markas Becamex pada leg pertama pekan lalu.

Situasi menjadi pelik karena ketajaman lini depan PSM Makassar seakan menghilang. Dalam dua pertandingan terakhir, skuat asuhan pelatih Darije Kalezic ini tidak lagi mencetak gol. Sebelum kalah di Vietnam, PSM bermain imbang tanpa gol saat dijamu PS Tira Persikabo (29/5/2019).

Striker utama Eero Markkanen tak lagi bertaji. Pelatih Darije mengungkapkan ia melakukan pendekatan khusus untuk mengembalikan sentuhan gol mantan Real Madrid Castilla itu.

Ia sempat berharap kepada Guy Junior sebagai alternatif, ternyata hasilnya tidak optimal. Sementara kebugaran Ferdinand Sinaga, di mata Darije belum sepenuhnya pulih setelah menjalani perawatan cedera engkel.

"Masalah ini memang jadi problem tersendiri buat PSM. Tapi, saya sudah mengantisipasinya. Saya yakin kami lolos ke final," tegas Darije.

Darije yakin karena sang kapten, Wiljan Pluim, sudah mengklaim tak lagi bermasalah pada lututnya. Dua penyerang sayap, M. Rahmat dan Zulham Zamrun, juga diharap unjuk kemampuan dengan kecepatan dan teknik yang mereka miliki. 

Khusus buat Zulham, Darije merasa perlu menugaskan sang asisten, Bonnie Fautngil, untuk berbicara dari hati ke hati dengan sang pemain.

"Saya sudah memberikan gambaran ke pemain terkait apa yang harus kami lakukan untuk mengalahkan Becamex untuk lolos ke final. Sejauh ini saya senang dengan kinerja dan motivasi tinggi yang diperlihatkan pemain," kata Darije.

Memburu gol tidak berarti Darije melupakan lini belakang tim asuhannya, yang dinilainya sudah membaik.

Bek PSM Makassar, Abdul Rahman, mengaku sudah mendapatkan masukan dari sang mentor agar tak lagi kecolongan seperti pada leg pertama. "Kami tinggal mengikuti intruksi dari coach Darije," kata Abdul Rahman.

2 dari 3 halaman

Mengunci 3 Bintang PSM

Dari kubu tamu, pelatih Nguyen Thanh Sonh tak kalah yakin. Modal kemenangan 1-0 pekan lalu jadi modal menghadapi agresivitas tuan rumah.

"Saya minta ke pemain agar berusaha tampil sebaik mungkin. Itu saja," ungkap Thanh Sonh.

Dia yakin skuatnya mampu mengimbangi tuan rumah. Caranya adalah mengunci tiga pemain bintang PSM, yakni Guy Junior, Wiljan Pluim dan Eero Markkanen.

"Ketiganya punya potensi menjadi pembeda. Kalau tampil mereka bisa menyulitkan Becamex. Saya sudah meminta pemain agar mewaspadai pergerakan mereka," tegas Thanh Sonh.

Keyakinan serupa ditunjukkan Nguyen Tien Linh, pencetak gol tunggal kemenangan Bacamex pada leg pertama. Dia merasa kebugarannya kian membaik setelah sempat absen lama karena menjalani pemulihan cedera.

"Gol saya pada leg pertama tentu sangat penting buat Becamex. Kemenangan pada pertemuan pertama tentu berpengaruh pada motivasi dan semangat tim," ucap Tien Linh.

Musim ini Becamex sudah menunjukkan kapasitas dengan menyingkirkan juara Liga 1 2018, Persija Jakarta, dalam fase penyisihan grup. Dalam dua kali pertemuan, Becamex menahan imbang Persija di Stadion Gelora Bung Karno dan menang 3-1 di markas mereka.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit; Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi (belakang); Wiljan Pluim, Marc Klok, Rizky Pellu (tengah); M. Rahmat, Eero Markkanen, Zulham Zamrun (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Becamex Binh Duong (4-4-2): Tran Duc Cuong; ho Tan Tai, Nguyen Thanh Long, Ali Rabo, Nguyen Thanh Lao (belakang); Le Tan Tai, Nguyen Trong Huy, Victor Mansaray, To Van Vu (tengah); Nguyen Tien Linh, Wander Luiz (depan)

Pelatih: Nguyen Thanh Son

Video Populer

Foto Populer