Sukses


Pelatih Timnas Malaysia Lega Gabung Piala AFF Mini Plus UEA dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022

Bola.com, Kuala Lumpur - Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, lega dengan hasil undian kualifikasi Piala Dunia 2022 sekaligus Piala Asia 2023 yang menempatkan tim asuhannya ke Grup G bersama Thailand, Vietnam, Indonesia, plus Uni Emirat Arab (UEA).

Tan Cheng Hoe mengaku tak menyangka Timnas Malaysia akan mendapat undian semacam ini. Menyusul hasil undian ini, ia mengaku optimistis dengan kiprah Harimau Malaya.

"Saya tak berpikir siapa pun mengira Malaysia akan berada dalam grup yang berisi negara-negara ASEAN. Ini seperti turnamen mini untuk negara ASEAN sebelum Piala AFF tahun depan", ujar Tan Cheng Hoe.

"Kami tahu ini pentas terbesar di sepak bola, kualifikasi Piala Dunia. Saya ingin membawa tim saya mengambil kesempatan ini sebagai paparan bagus buat mereka dan di saat bersamaan, kami ingin mendapat hasil bagus."

"Setiap turnamen dan kompetisi akan berbeda. Tentu saja kami akrab dengan permainan negara di ASEAN, tapi dengan UEA, mereka merupakan lawan terberat dan jadi favorit lolos ke putaran selanjutnya," lanjut pelatih berusia 51 tahun ini.

Situasi ini dianggap menjadikan tugas Tan Cheng Hoe dan staf pelatih Timnas Malaysia menjadi lebih ringan. Pasalnya, mereka tak perlu repot memetakan kekuatan dan kelemahan tim lawan, kecuali mungkin UEA.

Tan Cheng Hoe dan staf pelatihnya sudah mengantongi kekuatan dan kelemahan tiga calon lawan, yakni Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Hanya perlu memantau perkembangan terkini pesaing saja. 

Sebagai contoh, Timnas Malaysia bentrok kontra Vietnam dalam dua leg partai final Piala AFF 2018, 11 dan 15 Desember 2018. Kendati, Harimau Malaya akhirnya kalah dari tim asuhan pelatih Park Hang-seo itu dengan agregat 2-3.

2 dari 2 halaman

Terasa Seperti Derbi

Menantang tim-tim dari sesama negara anggota ASEAN juga berarti memudahkan pemain dalam hal adaptasi, mengingat mereka tak perlu lagi menyesuaikan dengan kondisi baik lingkungan sekitar maupun cuaca, serta perbedaan waktu.

"Bertanding melawan tim dari negara ASEAN, kita semua tahu rivalitasnya seperti apa dan itu terasa seperti derbi. Fan senang menyaksikan laga-laga itu dan di saat berbarengan, kami tahu tak perlu bepergian jauh, tak ada perbedaan waktu, dan tak memerlukan penyesuaian," kata Tan Cheng Hoe.

"Saya akan bertemu dan bicara dengan staf pelatih dan manajemen untuk melihat rencana terbaik apa untuk persiapan, termasuk laga persahabatan yang akan dijalani. Beberapa tim mungkin akan mampir di kawasan ini untuk menggelar laga-laga mereka, dan mungkin kami bisa mengatur untuk bertanding melawan mereka," imbuh pelatih kelahiran Kedah ini.

Timnas Malaysia akan mengawali putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 5 September 2019 dengan menjalani laga tandang kontra Timnas Indonesia.

Sumber: New Straits Times

Video Populer

Foto Populer