Sukses


PSSI Kena Sanksi Denda AFC karena Persija dan Madura United

Bola.com, Jakarta - Gara-gara pertandingan uji coba antara Persija Jakarta melawan Selangor FA dan Madura United berhadapan dengan Selangor FA, PSSI kena denda oleh AFC. Nominalnya mencapai 2.000 dolar AS atau setara Rp27 juta.

Dua partai uji coba itu bergulir pada September 2018. AFC menilai pertandingan persahabatan tersebut menyalahi Regulasi AFC, yang mengatur perihal pertandingan internasional, sesuai Pasal 11.10.

Pasal 11.10 Regulasi AFC 11.10 yang mengatur pertandingan internasional berbunyi, "Setiap tim yang bertanding harus meminta persetujuan dari federasinya. Setelah diterima, tim yang bertanding melapor ke federasi tuan rumah. Federasi tuan rumah perlu mengajukan persetujuan akhir kepada AFC selambat-lambatnya 14 hari sebelum pertandingan digelar."

Untuk masing-masing partai uji coba, AFC mendenda PSSI 1.000 dollar AS. Lantaran ada dua pertandingan uji coba internasional yang menyalahi regulasi, maka denda untuk PSSI menjadi 2.000 dollar AS.

PSSI harus membayar denda itu paling lambat 30 hari setelah putusan keluar. Adapun, hasil sidang Komite Disiplin dan Etik AFC itu terbit pada 12 Juli 2019, dan dirilis ke publik pada Selasa (16/7/2019).

Dalam keputusannya, AFC juga mengingatkan PSSI untuk tidak mengulang pelanggaran yang serupa. "PSSI diberitahu bahwa pelanggaran yang berluang terhadap ketentuan ini mungkin akan dihukum dengan hukuman yang lebih berat," tulis AFC, yang diunggah dalam situs resmi.

Video Populer

Foto Populer