Sukses


3 Pemain Terbaik Pekan Ke-13 Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019 telah rampung dengan sembilan pertandingan digelar sejak Selasa (6/8/2019) hingga Sabtu (10/8/2019). Sebanyak 35 gol tercipta dengan sejumlah pemain memperlihatkan kualitas luar biasa dalam membantu timnya meraih kemenangan atau terhindar dari kekalahan.

Persipura mengawali laga pekan ke-13 Liga 1 2019 dengan membuat kejutan, meraih tiga poin penuh dalam lawatan mereka ke markas PSIS Semarang di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Selasa (6/8/2019). Persipura berhasil menang 3-1 dalam laga tersebut.

Kemenangan cukup besar dicetak oleh Kalteng Putra, Tira Persikabo, dan Bali United dalam pekan ini. Kalteng Putra menang 4-2 saat menjamu Arema di Stadion Tuah Pahoe, Palangkara Raya, Rabu (7/8/2019).

Tira Persikabo melanjutkan tren tak terkalahkan mereka dengan mencuri tiga poin di kandang Barito Putera. Tim asuhan Rahmad Darmawan itu menang 4-2 di Stadion Demang Lehman, Martapura. Sementara itu, Bali United menang 4-1 saat menjamu Semen Padang yang hingga saat ini berada di dasar klasemen.

PSS Sleman berhasil menang 2-0 di kandang Perseru Badak Lampung FC. Sementara Borneo FC menang 2-0 saat menjamu PSM Makassar di Samarinda.

Sementara itu, enam tim lain harus puas berbagi poin. Persela bermain imbang 2-2 dengan Persib Bandung di Stadion Surajaya. Sementara itu, Persija Jakarta bermain imbang 1-1 dengan Bhayangkara FC. Satu laga lain adalah Persebaya Surabaya kontra Madura United yang berakhir imbang 2-2.

Dari 18 tim yang memainkan pertandingan di pekan ke-13 Liga 1 2019, begitu banyak pemain yang memperlihatkan permainan berkualitas untuk membantu timnya meraih kemenangan, atau menyelamatkan timnya dari kekalahan.

Kali ini Bola.com memilih tiga pemain yang layak mendapatkan predikat terbaik dalam pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019, plus satu pelatih terbaik yang membawa timnya meraih hasil positif dalam pekan ini.

2 dari 5 halaman

Melvin Platje

Melvin Platje pantas mendapatkan predikat terbaik di pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019. Pemain asal Belanda yang belum lama ini pulih dari cedera itu benar-benar memperlihatkan kualitas yang terbaik saat Bali United menjamu penghuni dasar klasemen, Semen Padang.

Bali United yang kebobolan lebih dulu saat laga baru berjalan empat menit, baru berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-45 lewat tandukan Ricky Fajrin. Namun, dalam jeda satu menit kemudian, Melvin Platje memastikan Bali United mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 2-1 lewat gol jarak jauh nan cantik yang dicetaknya.

Tak sampai di situ, Melvin Platje kemudian mencetak gol lagi di babak kedua. Mendapatkan umpan panjang dari Paulo Sergio, Melvin Platje melakukan kontrol dada dan ujung kakinya yang membuat bola melewati antara dua kaki pemain bertahan Semen Padang. Dengan tenang Platje mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini.

Belum selesai sampai di situ, Melvin Platje memberikan sebuah kontribusi dalam gol yang dicetak Irfan Bachdim pada masa injury time. Umpan terukur yang dilepaskan Platje mampu diselesaikan dengan baik oleh Irfan Bachdim yang untuk pertama kalinya mencetak gol di Liga 1 2019.

3 dari 5 halaman

Alex dos Santos

Pemain kedua yang layak mendapatkan predikat terbaik di pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019 adalah Alex dos Santos. Pemain Persela Lamongan itu menjadi pahlawan bagi timnya yang hampir saja kalah dari Persib Bandung di depan ribuan LA Mania yang memadati Stadion Surajaya.

Alex dos Santos membuka keunggulan Persela pada menit ke-13 lewat tandukan kepala memanfaatkan umpan silang dari Delvin Rumbino. Namun, keunggulan yang dibuat oleh Alex tak bertahan lama.

Persib membalas dan berbalik unggul lewat gol yang dicetak oleh Esteban Vizcarra dan Achmad Jufriyanto. Namun, di sinilah peran penting Alex bagi Persela.

Striker asal Brasil itu berhasil menyelamatkan Persela dari kekalahan lewat gol yang dicetaknya pada menit ke-61. Memanfaatkan umpan panjang Kei Hirose dari belakang, Alex yang masuk ke kotak penalti Persib langsung melepaskan tembakan chip yang melewati atas kepala kiper Maung Bandung, Made Wirawan.

Gol tersebut berhasil menyelamatkan Persela dari kekalahan di depan LA Mania. Peran Alex memang luar biasa untuk Persela. Dua gol tersebut juga membuatnya kini berada di posisi teratas dalam daftar pencetak gol terbanyak sementara Liga 1 2019.

4 dari 5 halaman

Terens Puhiri

Pemain bertubuh mungil yang pernah mencetak gol yang viral di dunia berkat kecepatan kakinya itu kini kembali memperlihatkan kualitas yang membantu timnya memenangi pertandingan. Terens Puhiri menjadi pemain yang benar-benar penting saat Borneo FC menang 2-0 atas PSM Makassar.

Terens Puhiri merupakan pemain yang sukses mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua gol yang dicetak Borneo FC ke gawang PSM. Gol pertama yang dicetaknya ke gawang PSM pada menit ke-28 memperlihatkan kecepatannya yang memang luar biasa.

Memanfaatkan umpan silang Abdul Rahman dari sisi kiri yang langsung menuju jantung pertahanan PSM dan hendak diantisipasi oleh pemain belakang tim tamu, Terens datang dengan cepat dan langsung menyambar bola hingga masuk ke dalam gawang.

Gol kedua yang dicetaknya lebih menarik. Berawal dari tendangan bebas Asri Akbar yang berhasil dimentahkan pertahanan PSM, Terens Puhiri datang dari lini kedua dan langsung menyambar bola dengan tembakan keras yang tak mampu dihalau hingga mengoyak jala gawang PSM.

Mario Gomez, pelatih Borneo FC, harus berterima kasih kepada pemain mungil yang memberikan timnya tiga poin penting di depan para penggemar yang memadati Stadion Segiri.

5 dari 5 halaman

Jacksen Tiago

Untuk kategori pelatih terbaik di pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019, Bola.com memilih pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago. Pelatih asal Brasil itu membimbing timnya bertandang ke Magelang untuk menghadapi PSIS Semarang usai kalah 0-1 di kandang Persebaya Surabaya.

Dalam pertandingan tersebut, Jacksen Tiago memaksimalkan pemain terbaik yang dimilikinya untuk meraih tiga poin penting di Stadion Moch Soebroto. Meski tanpa Boaz Solossa, Persipura mampu meraih kemenangan 3-1 atas PSIS.

Titus Bonai langsung membawa Persipura unggul saat laga baru berjalan dua menit. Meski gawang Persipura sempat bobol oleh Hari Nur Yulianto pada menit ke-17, Jacksen Tiago mampu memberikan motivasi besar kepada timnya untuk bisa bangkit di babak kedua.

Hasilnya luar biasa. Dua gol Persipura tercipta di babak kedua. Muhammad Tahir mencetak gol kebangkitan Persipura dengan tandukan kepala yang tak mampu dihalau kiper maupun pemain bertahan PSIS. Setelah itu, Todd Rivaldo Ferre melengkapi kemenangan Persipura lewat gol indahnya setelah melewati tiga pemain bertahan PSIS.

Video Populer

Foto Populer