Sukses


Malaysia Buta Kekuatan Timnas Indonesia

Jakarta - Kebijakan pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, untuk menutup rapat-rapat hal yang berbau teknis perihal tim asuhannya selama pemusatan latihan jelang melawan Malaysia di laga pembuka Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia sejauh ini terbukti berhasil.

Hal itu jika mengacu pada pernyataan pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe.

Seperti dilansir dari Harian Metro, Tan Cheng Hoe mengakui ia minim informasi perihal Timnas Indonesia di bawah pelatih Simon McMenemy. Bisa dibilang, Malaysia buta kekuatan Indonesia.

"Kami sulit mendapatkan informasi perihal Indonesia, tapi kami akan lebih fokus pada diri sendiri. Formasi seperti apa yang akan kami pakai, pemain yang bakal kami turunkan. Apa pun itu, tampaknya Timnas Indonesia juga banyak melakukan perubahan komposisi pemain," ujar Tan Cheng Hoe di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Simon McMenemy memang membatasi akses media serta suporter untuk mengamati aktivitas tim asuhannya khususnya selama menggelar pemusatan latihan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, atau sebelum geser ke Jakarta pada akhir pekan lalu.

Pelatih asal Skotlandia itu hanya memberikan waktu beberapa menit saja, sebelum akhirnya seluruh pihak yang tak berkepentingan dipersilakan meninggalkan area lapangan, terutama saat sesi latihan sudah masuk menu taktik.

McMenemny menyatakan menerapkan kebijakan itu untuk melindungi pemainnya, agar tak malu seandainya melakukan kesalahan dan rekaman aktivitas mereka beredar ke publik.

Saat Timnas Indonesia melakoni dua partai uji coba dalam pemusatan latihan lalu, masing-masing melawan Persika Karawang (25/8/2019) dan Bhayangkara FC (28/8/2019), secara tertutup.

Selain itu, mantan pelatih Timnas Filipina itu juga enggan menjawab pertanyaan kalangan jurnalis, jika sudah masuk ke area teknis. Ia menegaskan, tak ingin hal sekecil apa pun yang berhubungan dengan taktik, teknis tim asuhannya, muncul di media, terendus tim lawan, hingga justru menguntungkan pesaing.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Filosofi Sendiri

Hal itu berbeda dengan kebijakan yang diambil Tan Cheng Hoe. Di bawah asuhannya, Timnas Malaysia menjalani uji coba melawan Yordania di Stadion Nasional, Bukit Jalil (30/8/2019), secara terbuka.

Pertandingan itu ditonton ribuan pendukung Harimau Malaya, dan bahkan Simon McMenemy menggunakan kesempatan itu untuk mencermati kekuatan dan kelemahan Timnas Malaysia, langsung dari Bukit Jalil.

"Setiap pelatih punya filosofi melatih sendiri, mungkin dia (McMenemy) merasa lebih nyaman menggelar latihan dan uji coba secara tertutup. Mungkin juga karena dia tak ingin memberi tekanan kepada pemain, selebihnya, saya tak tahu alasan pastinya," ucap Cheng Hoe.

Sumber: Harian Metro

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer