Sukses


Malaysia Jago, Satu-satunya Negara ASEAN yang Menang di Matchday Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Malaysia berjaya di matchday pertama kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Tim berjulukan Harimau Malaya itu jadi satu-satunya negara di kawasan ASEAN, yang berhasil membukukan kemenangan dalam ajang ini, yang sekaligus jadi kualifikasi ke Piala Asia 2023, Kamis (5/9/2019).

Dari 32 total tim peserta di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, delapan negara berasal dari lingkup Asia Tenggara.

Delapan negara itu yakni Filipina (Grup A), Kamboja (Grup C), Singapura (Grup D), Myanmar (Grup F), serta Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand (Grup G).

Hasilnya, seperti disebutkan di atas, hanya Malaysia yang berhasil meraih poin penuh. Timnas Malaysia melakukan comeback hingga akhirnya mempermalukan Timnas Indonesia dengan skor 3-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Kemenangan ini menjadi yang pertama dalam 15 tahun terakhir dibukukan di Jakarta. Kali terakhir tim Harimau Malaya menang saat bermain di Indonesia terjadi pada 2004, tepatnya pada leg pertama semifinal Piala AFF 2004.

Pada pertandingan itu Malaysia membungkam Indonesia dengan skor 2-1.

Pada pertandingan lain di Grup G, Thailand gagal melakukan revans atas kekalahan di King's Cup 2019 kontra Vietnam. Bermain di Stadion Thammasat, Pathum Thani, the War Elephants tak mampu mencetak gol ke gawang Vietnam. Pertandingan ini berakhir dengan skor 0-0.

2 dari 3 halaman

Filipina Paling Telak

Empat tim lain juga gagal meraih kemenangan dengan hanya bermain imbang dan bahkan ditekuk lawan.

Nasib Filipina sama halnya Indonesia. Berrmain di kandang sendiri, Stadion Panaad, Bacolod, Filipina menyerah 2-5 di tangan tim tamu, Suriah. Skor ini jadi yang terbesar dibukukan, di antara pertandingan lain yang melibatkan negara-negara di kawasan ASEAN.

Kamboja yang menjamu Hong Kong di Stadion Nasional, Phnom Penh, ditahan 1-1 oleh tim tamu.

Singapura merasakan hal sama, setelah hanya bermain 2-2 kontra Yaman di Stadion Nasional, Singapura.  

Sementara Myanmar yang bertandang ke markas Mongolia di Football Center MFF, Ulan Bator, takluk dengan skor 1-0.

Delapan negara di ASEAN itu akan kembali berjibaku pada matchday kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada Selasa (10/9/2019).

Berikut hasil pertandingan negara-negara di ASEAN pada matchday pertama kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Kamis (5/9/2019).

3 dari 3 halaman

Hasil Pertandingan Negara ASEAN

Grup A

Filipina vs Suriah 2-5

Grup C

Kamboja vs Hong Kong 1-1

Grup D

Singapura vs Yaman 2-2

Grup F

Mongolia vs Myanmar 1-0

Grup G

Thailand vs Vietnam 0-0

Indonesia vs Malaysia 2-3

Video Populer

Foto Populer