Sukses


Duel Pelatih Arema FC vs PSM: Adu Taktik Duo Bosnia

Bola.com, Malang - Pertemuan Arema FC dengan PSM Makassar dalam laga pekan ke-22 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Rabu (2/10/2019), bisa disebut sebagai duel pelatih asal Bosnia.

Pelatih Arema, Milomir Seslija, dan pelatih PSM, Darije Kalezic, sama-sama memiliki kewarganegaraan yang sama, meski Kalezic lahir di Swiss.

Sama-sama berasal dari wilayah Balkan, kedua pelatih ini sekilas punya karakter yang mirip. Jago analisa dan sering melontarkan komentar bernada kritik atau psy war.

Duel kali ini bisa disebut sebagai junior melawan senior, lantaran dari segi usia dan pengalaman sebagai pelatih, bisa dibilang Milo lebih senior.

“Saya sudah tahu Kalezic. Saat saya sudah melatih, dia masih aktif bermain,” kata Milo.

Namun demikian, Milo menaruh respek terhadap juniornya itu. Apalagi Kalezic cukup lama tinggal dan menimba ilmu sepak bola di Belanda. Kalezic sempat menangani tim muda raksasa Belanda, PSV Eindhoven.

“Dia memang lama tinggal di Belanda. Tapi, mengambil kursus kepelatihan di Bosnia juga,” sambung Milo.

Sementara Kalezic menaruh hormat kepada Milo karena pelatih Arema tersebut dianggap bisa bekerja dengan baik di Indonesia. Padahal banyak pelatih dari luar negeri kesulitan beradaptasi dengan situasi sepak bola Indonesia, mulai dari perubahan jadwal hingga mepetnya jarak setiap pertandingan.

“Saya menaruh respek tinggi kepada Milo. Dia pelatih yang bagus, profesional dan orang yang baik pula. Dia juga memiliki pekerjaan yang bagus di Indonesia,” jelas pelatih 49 tahun ini untuk seniornya yang kini menangani Arema FC itu.

 

2 dari 2 halaman

Arema dan PSM Tidak Komplet

Satu hal yang akan membuat pertemuan ini seru, yaitu kedua pelatih harus meramu tim yang tidak komplet. PSM kehilangan banyak pemain karena cedera dan akumulasi kartu, seperti Guy Junior, Bayu Gatra, Amido Balde, dan Wiljan Pluim. Padahal sederet pemain itu bisa membuat ketajaman PSM lebih menakutkan.

Sementara di kubu Arema kehilangan dua pemain tengah, Hanif Sajhbandi dan Dendi Santoso yang bergabung dengan Timnas Indonesia. Selain itu, di lini belakang Arema, Arthur Cunha juga dalam pemulihan cedera.

Kondisi ini membuat kedua pelatih harus memutar otak. Tapi, Milo terlihat lebih percaya diri. Faktor bermain di kandang sendiri dan dukungan Aremania diprediksi membuat Hamka Hamzah dkk. akan main lebih ngotot.

Sementara Kalezic harus membuat pemainnya lapar akan kemenangan karena dalam dua laga tandang sebelumnya, tim berjulukan Juku Eja ini takluk dari Semen Padang dan Persipura Jayapura.

“Saya pikir pemain berpikiran sama dengan pelatih. Pemain PSM akan menunjukkan mereka lapar untuk kembali menang,” tegas Kalezic.

Video Populer

Foto Populer