Sukses


Tongkos Khas Madura Jadi Atribut Selebrasi Gol Beto Goncalves ke Gawang Persib

Bola.com, Bangkalan - Beto Goncalves menjadi penentu kemenangan 2-1 yang diraih Madura United atas Persib Bandung di Stadion Gelora Bangkalan, Sabtu malam (5/10/2019). Dia mencetak gol lewat titik putih pada menit ke-64 dalam laga pekan ke-22 Shopee Liga 1 2019.

Momen menarik lahir saat striker berusia 38 tahun itu melakukan selebrasi setelah membobol gawang Persib. Beto Goncalves memakai penutup kepala yang dilempar oleh ofisial Madura United sambil menunjukkan ekspresi bahagia setelah mencetak gol.

Penutup kepala itu bernama tongkos, sebuah warisan budaya asli Bangkalan, Madura. Dalam laga ini, beberapa ofisial dan personel panpel Madura United terlihat mengenakannya. Tak ingin ketinggalan, Beto pun ikut mengenakannya.

“Itu dimulai saat sebelum pertandingan. Saya melihat beberapa ofisial dan panpel pakai penutup kepala itu. Mereka bilang tongkos itu ciri khas asli Bangkalan,” tutur pemain naturalisasi berdarah Brasil itu kepada Bola.com setelah pertandingan.

“Saya kemudian janji, kalau saya cetak gol saya mau pakai itu. Puji Tuhan, saya benar-benar cetak gol. Tapi, tadi sempat menunggu ada yang melempar tongkos pada saya. Setelah menerima, saya langsung pakai untuk selebrasi juga,” imbuh Beto.

Bagi masyarakat luar Madura, tongkos mungkin sebuah benda yang sangat asing. Sebab, keberadaannya kini juga sudah mulai terlupakan. Dewasa ini, tongkos juga hanya dipakai dalam beberapa acara resmi.

Tongkos sebenarnya tak ubahnya blangkon yang menjadi penutup kepala identitas masyarakat Jawa. Dulu, tongkos malah menjadi simbol bagi keluarga ningkat kerajaan Madura Barat sebelum akhirnya dipakai secara umum. Beto Goncalves pun kembali memperkenalkannya saat melakukan selebrasi gol ke gawang Persib.

2 dari 2 halaman

Mempelajari Budaya

Nah, Beto Goncalves berusaha mengenalkan kembali tongkos kepada masyarakat luas. Sebagai pemain Madura United, dia tidak ingin absen mempelajari budaya Madura yang kini telah menjadi bagian darinya.

“Saya sekarang orang Indonesia. Sejak dulu saya juga sudah suka dengan budaya Indonesia. Saya pikir itu menarik. Saya selalu respek dengan budaya Indonesia,” ucap pemain bernama lengkap Alberto Goncalves da Costa itu.

“Setelah memakai tongkos, saya semakin merasa sebagai orang Madura. Nanti seharusnya saya dikasih buat oleh-oleh juga,” kata Beto sambil tertawa.

Terlepas dari tongkos, Beto telah menahbiskan diri sebagai “raja gol” Madura United dengan torehan 13 golnya di Liga 1 2019.

Dia mulai masuk dalam persiangan gelar top scorer kompetisi tersebut. Beto hanya terpaut tiga gol dari Alex Goncalves (striker Persela Lamongan) yang membukukan 16 gol yang menjadi top scorer sementara.

Video Populer

Foto Populer