Sukses


5 Legenda Sepak Bola Indonesia Asal Bali, termasuk I Komang Putra

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia, Selasa (15/10/2019) di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali. Sebuah kehormatan tentunya buat Bali bisa ikut berpartisipasi menyukseskan pertandingan tersebut.

Timnas Indonesia memang jarang bermain di Pulau Bali. Hampir semua laga Timnas Indonesia berlangsung di Pulau Jawa. 

Penunjukan Bali sebagai tuan rumah tentunya menjadi kehormatan karena pulau tersebut juga kerap melahirkan pesepak bola andal Indonesia.

Provinsi yang terkenal dengan pantai indahnya itu memiliki banyak potensi pemain bola. Beberapa pemain asal Pulau Dewata yang masih aktif ialah I Putu Gede Juni Antara, I Gede Sukadana, I Made Wirawan, I Made Wirahadi dll.

Selain itu, banyak juga legenda yang berasal dari Bali. Berikut Bola.com merangkum legenda sepak bola Indonesia yang bersal dari Pulau Dewata.

2 dari 6 halaman

1. I Made Pasek Wijaya

I Made Pasek Wijaya merupakan pesepak bola Bali yang terkenal pada era pertengahan 1980-an hingga 2000. Pasek Wijaya berposisi sebagai gelandang yang lincah dan mendapatkan julukan Si Kijang dari Tanah Dewata.

Total ada lima klub yang pernah ia bela selama berkarier sebagai pemain. Kelima klub tersebut ialah Pelita Jaya Jakarta, Pelita Jaya, Pelita Solo, Persegi Gianyar dan Persekaba Bandung.

Dia juga masuk skuat Timnas Indonesia pada 1997 hingga 2000. Made Pasek juga tidak membutuhkan waktu lama untuk menjadi pelatih.

Berbekal lisensi C nasional pada 2005, Made Pasek menjadi asisten pelatih Persekaba. Ia kemudian menangani tim PWI Bali, Perst Tabanan, dan Perspon Pontianak.

3 dari 6 halaman

2. Ida Bagus Mahayasa

Ida Bagus Mahayasa merupakan mantan pemain Gelora Dewata. Ida Bagus Mahayasa bisa dibilang sebagai satu di antara pemain paling ikonik asal Bali yang berposisi sebagai striker.

Satu di antara karier terbaiknya ialah saat ditunjuk sebagai sebagai nakhoda Timnas Sepak Bola Pantai Indonesia untuk ajang AFF Beach Champhionship 2018.

Saat ini, dia menjadi anggota pelatih tim Pra-PON bersama Kadek Swartama dan Ida Bagus Nyoman Mahayasa. 

 

4 dari 6 halaman

3. I Gusti Putu Yasa

Nama I Gusti Putu Yasa yang tak asing buat suporter Persebaya, Bonek Mania. Putu Yasa merupakan kiper tangguh Persebaya pada era 1980-an.

Selain itu, Putu Yasa juga kerap menjadi kiper utama Timnas Indonesia, khususnya pada akhir 1980-an. Dia ikut membantu Timnas Indonesia ke semifinal Asian Games 1986, dan medali emas SEA Games 1987.

5 dari 6 halaman

4. I Gusti Ngurah Bayu Sutha

I Gusti Ngurah Bayu Sutha merupakan pemain asal Bali yang malang melintang di berbagai klub Indonesia. Total ada 11 tim Indonesia yang pernah ia bela, mulai dari Perseden Denpasar hingga Mitra Kukar pada 2010.

Namun, pemain yang berposisi sebagai bek itu terkenal saat memperkuat Persib Bandung pada 2007. Ia menjadi satu di antara pemain penting Maung Bandung dengan catatan 23 penampilan.

6 dari 6 halaman

5. I Komang Putra

I Komang Putra bisa dibilang menjadi satu di antara pemain asal Bali yang paling populer. Kiper kelahiran Denpasar itu pernah membawa PSIS Semarang merengkuh juara Liga Indonesia 1999.

I Komang Putra juga sukses membawa PSISI ke final Divisi Utama 2006, meskipun di partai puncak itu Mahesa Jenar harus takluk dari Persik Kediri. Saat ini, I Komang Putra menjadi pelatih kiper klub berjuluk Mahesa Jenar itu.

Video Populer

Foto Populer