Sukses


Prediksi PSM Vs Madura United: Duel Beda Modal di Makassar

Bola.com, Makassar - PSM Makassar baru saja menelan kekalahan 0-1 dari Persija Jakarta pada laga pekan ke-23 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Minggu (20/10/2019). Sebaliknya, pada hari yang sama, Madura United justru menekuk tuan rumah Semen Padang 2-1 di Stadion Agus Salim. Itu mengapa pertemuan kedua klub pada pekan ke-24, Kamis (24/10/2019), bertajuk duel beda modal di Makassar.

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, memahami betul situasi sulit yang dihadapi skuatnya. Apalagi setelah ditekuk Persija meski secara umum Juku Eja tampil lebih dominan.

"Secara taktik tidak banyak yang berubah dalam pertandingan nanti. PSM hanya butuh keberuntungan dalam penyelesaian akhir. Saya percaya PSM bisa bangkit dan memuaskan suporter," ujar Darije.

Pada pertandingan kali ini, PSM kehilangan dua bek sayap muda, Asnawi Mangkualam dan Firza Andika, yang menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22. Tapi, Darije tidak perlu risau karena ia bisa mengoptimalkan peran Beny Wahyudi dan Taufik Hidayat.

Kedua bek sayap ini tampil lugas saat PSM melibas Arema FC dengan skor 6-2 pada 16 Oktober lalu. Pada lini ini, PSM kembali mendapatkan Hasim Kipuw yang absen kontra Persija. Kipuw kembali berduet dengan Aaron Evans menyusul cedera panjang yang dialami Abdul Rahman.

Sementara di depan, Darije mempertimbangkan memainkan Amido Balde sejak menit awal untuk memberi kesempatan Ferdinand Sinaga beristirahat. Sejak Balde cedera, Ferdinand jadi opsi utama pada enam partai terakhir yang dijalani PSM. Sosok Balde dibutuhkan untuk bertarung di kotak penalti Madura United dengan opsi umpan bola silang dan atas.

Peran Balde bisa optimal, kalau kondisi cedera engkel kaki kanan Wiljan Pluim membaik. Umpan terukur Pluim dari tengah maupun sayap sangat dibutuhkan Balde yang jeli dalam pengambilan posisi. Kehadiran Marck Klok yang baru terbebas dari sanksi akumulasi kartu kuning juga vital untuk memudahkan kerja Pluim dan Balde.

PSM Makassar butuh kemenangan atas Madura United untuk membuka peluang ke papan atas. Kalau kalah lagi, langkah Juku Eja kian berat karena setelah ini skuat Darije Kalezic berturut-turut dijamu Bhayangkara FC pada 29 Oktober dan Persebaya Surabaya pada 2 November 2019. Sejauh ini PSM belum sekalipun mencetak kemenangan di laga tandang musim ini.

2 dari 3 halaman

Akhiri Catatan Buruk di Makassar

Madura United memiliki catatan buruk saat bertandang ke markas PSM Makassar dalam tiga laga sejak 2016. Mereka selalu gagal mencuri poin alias kalah dan kebobolan.

Bahkan, tim berjulukan Laskar Sape Kerap juga acap kali kesulitan mencetak gol. Terakhir kali berhasil membobol gawang PSM di Makassar terjadi pada 2016, itu pun kalah 1-6.

Pelatih Madura United, Rasiman, berusaha mengabaikan rekor buruk timnya. Dia ingin Greg Nwokolo dkk. bisa memperbaikinya dengan mengantongi minimal satu poin saat pulang dari Makassar.

"Kalau memang seperti itu, kami abaikan saja, lupakan saja. Dalam sepak bola modern, rekor itu tidak terlalu berpengaruh. Kami akan coba untuk mendapatkan poin itu. Kami tahu semua tim sebelum bermain sudah punya satu poin. Madura punya, PSM juga punya," tutur Rasiman.

Terakhir kali bertandang ke markas PSM, Madura United dipaksa menyerah 0-1. Laga itu merupakan leg pertama semifinal Piala Indonesia 2018 pada 30 Juni 2019. Rasiman berharap para pemainnya bisa berjuang maksimal mencuri poin kali ini.

"Kami sudah bicara agar tidak kecolongan lagi. Saat Piala Indonesia, kami sudah hampir bisa menahan mereka. Tapi, terjadi gol yang tidak terduga. Nanti tidak boleh terulang," imbuh pelatih asal Banjarnegara itu.

Madura United masih datang tanpa kekuatan penuh di laga ini. Stoper Ante Bakmaz perlu perawatan dan harus absen setelah terkapar dalam duel di markas Semen Padang pekan lalu (20/10/2019).

Ambisi untuk memetik kemenangan ini didasari oleh upaya mendekati sang pemuncak klasemen. Mereka masih terpaut 10 poin dari Bali United di puncak dan kini menduduki posisi kedua dengan 41 poin.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivky Mokodompit (kiper); Beny Wahyudi, Aaron Evans, Raphael Maitimo, Taufik Hidayat (belakang); Marc Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pluim (tengah); Rizky Eka, Amido Balde, Zulham Zamrun (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Madura United (4-3-3): Ridho Djazulie (kiper); Marckho Meraudje, Jaimerson Xavier, Kadek Raditya, Andik Rendika (belakang); Asep Berlian, Zulfiandi, Diego Assis (tengah); Andik Vermansah, Aleksandar Rakic, Greg Nwokolo (depan)

Pelatih: Rasiman

Inovasi dari SCM Untuk Shopee Liga 1 2020

Video Populer

Foto Populer