Sukses


Aji Santoso Vs Darije Kalezic: Adu Taktik demi Tiga Poin Krusial

Bola.com, Balikpapan - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, dan pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, sama-sama berada dalam tekanan saat membawa skuatnya berduel pada laga tunda pekan ke-26 Shopee Liga 1 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (14/11/2019).

Keduanya wajib meracik strategi jitu untuk meraih kemenangan. Tiga poin jadi krusial. Bukan hanya mendongkrak posisi tim mereka di klasemen sementara. Secara personal, hanya tiga poin yang bisa 'membebaskan' Aji Santoso dan Darije Kalezic dari sorotan dan tekanan suporter.

Menggantikan peran Wolfgang Pikal yang mundur usai Persebaya ditekuk PSS Sleman 2-3 (29/10/2019), Aji mengawali kiprahnya sebagai pelatih kepala dengan meraih satu poin setelah Persebaya bermain imbang 2-2 di kandang Tira Persikabo, Sabtu (9/11/2019). Hasil ini bisa jadi modal Aji dan Persebaya saat menjamu PSM.

Tapi, tentu tak mudah buat Aji mewujudkannya. Pada pertandingan nanti, ia tak bisa memainkan lima pemainnya. Supriadi baru selesai memperkuat Timnas Indonesia U-19. Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay bergabung dengan Timnas Indonesia U-22. Lalu Otavio Dutra ke Timnas Indonesia. Sedangkan Hansamu Yama menjalai sanksi akumulasi kartu.

Sementara itu, pertandingan nanti jadi duel sarat emosi buat Aji. Ketika masih menjadi pemain, Aji berhasil membawa kedua tim ini meraih juara Liga Indonesia, Persebaya pada Liga Indonesia 1996/1997 dan PSM di Liga Indonesia 1999/2000.

Tekanan lebih kuat justru dialami Darije Kalezic. Setelah PSM ditekuk Kalteng Putera 1-3 pada Minggu (10/11/2019), tuntutan mundur dari suporter PSM makin menerpa mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini. Kesuksesan membawa PSM menjuarai Piala Indonesia 2018 tak lagi berbekas.

Darije dinilai tak becus meracik strategi timnya, khususnya pada laga tandang. Dalam 12 partai di luar Makassar, PSM tanpa kemenangan dengan rincian tiga imbang dan sembilan kali kalah. Tak hanya itu, Stadion Andi Mattalatta Mattoangin tak lagi angker buat tim tamu karena PSM sudah menelan dua kekalahan di depan pendukung sendiri.

Darije pun sempat diisukan mundur dari PSM. Tapi, hal ini ditepis oleh media officer PSM, Sulaiman Karim, yang menegaskan Darije tetap bersama tim saat dijamu Persebaya di Stadion Batakan. "Isu itu tidak benar. Darije tetap ikut tim di Balikpapan," tegas Sulaiman Karim.

Darije Kalezic memang wajib membawa PSM menang atas Persebaya. Kalau seri apalagi kalah, bisa jadi ia bakal meninggalkan PSM sebelum musim ini berakhir. Apalagi kontraknya memang sudah berakhir awal Desember nanti.

2 dari 2 halaman

Video

11 Menit Cetak Hattrick, Diogo Jota Bisa Menjadi Pilihan di FPL

Video Populer

Foto Populer