Sukses


5 Pemain Asal Afrika yang Tampil Apik pada Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Indonesia menjadi negara yang cukup banyak menggunakan jasa pemain naturalisasi. Cristian Gonzales disebut menjadi awal derasnya arus naturalisasi para pemain asing ke Indonesia.

Pemain yang kini merumput bersama PSIM Yogyakarta itu resmi menjadi WNI pada 3 November 2020. Saat itu, Gonzales lantas didapuk sebagai pemain Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020.

Perkembangan pemain naturalisasi di Indonesia terbilang pesat. Sejauh ini, kurang lebih 25 permain asing yang bertatus WNI. Angka tersebut masih berpotensi bertambah selama jalur naturalisasi pemain masih dibuka.

Bukan hanya itu, pemain asing yang belum berstatus WNI juga malang melintang di kompetisi Liga 1. Beberapa di antaranya belum mau mengubah status kewarganegaraan mereka karena alasan pribadi.

Sejumlah pakar menilai pemain asing bisa menambah amunisi klub dalam mengarungi kerasnya pertandingan. Benar saja, beberapa pemain asing memberi sentuhan yang berbeda dalam skema permainan klub.

Beberapa nama yang tengah bersinar belakangan ini merupakan pemain yang berasal dari benua Afrika. Jika Anda penasaran dengan pemain asal Afrika yang tampil gemilang di Liga 1 2019, berikut Bola.com telah merangkumnya.

 

2 dari 6 halaman

1. Ezechiel N’douassel (Persib Bandung)

Ezechiel N’douassel menjadi pemain yang cukup dicintai suporter klub Persib Bandung. Pemain asal Chad, Afrika itu tampil meyakinkan bersama Maung Bandung.

Meski berposisi sebagai striker, N’douassel bukan hanya minta dilayani. Ia juga cukup sering memberi umpan kepada rekan satu timnya.

Meski tidak masuk dalam deretan top scorer sementara, namun N’douassel tetap menjadi pemain yang cukup gemilang di Liga 1. Ia berhasil menggantarkan Persib Bandung bercokol di peringkat enam klasemen sementara.

3 dari 6 halaman

2. Makan Konate (Arema FC)

Makan Konate merupakan pemain yang berasal dari Mali, Afrika Barat. Gelandang berusia 28 tahun tersebut menjadi salah satu pemain kunci di skuat Singo Edan.

Makan Konate bahkan berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Presiden 2019 untuk Arema. Mengacu pada pencapaian tersebut, tak berlebihan jika Makan Konate menjadi pemain asal Afrika yang cukup bersinar musim ini.

Apalagi, Konate masuk dalam jajaran top scorer sementara Liga 1 dengan 15 gol. Ia hanya berselisih satu gol dengan pemain asal Persela Lamongan, Alex dos Santos Goncalves, yang duduk di posisi dua top scorer sementara.

4 dari 6 halaman

3. Greg Nwokolo (Madura United)

Greg Nwokolo juga menjadi salah satu pemain asal benua Afrika yang tampil cukup konsisten musim ini. Meski usianya tak lagi muda yakni 33 tahun, kualitas permainan suami Kimi Jayanti yang kini sudah menjadi warga negara Indonesia (WNI) itu tak perlu diragukan lagi.

Pemain berdarah Nigeria tersebut juga beberapa kali dipanggil untuk membela Timnas Indonesia.

5 dari 6 halaman

4. Amido Balde (Persebaya Surabaya)

Amido Balde menjadi pemain yang mengalami pasang surut di Liga 1 2019. Pada awal kompetisi, pemain asal Guinea Bissau itu sempat kehilangan semangatnya.

Namun cocah Djadjang Nurdjaman yang saat itu masih menukangi Persebaya terus memberi semangat kepada pemainnya itu. Imbasnya, Amido Balde kembali bangkit. Ia menjadi striker yang cukup diperhitungkan musim ini.

6 dari 6 halaman

5. Osas Saha (Tira Persikabo)

Berkat performa ciamiknya di Tira Persikabo, Osas Saha menjadi nama yang masuk dalam skuat Timnas Indonesia. Nama Osas Saha menjulang sejak musim 2010-2011. Saat itu, pemain berdarah Nigeria yang sudah menjadi WNI tersebut menyumbang 29 gol dari 27 pertandingan bersama PSAP Sigli di Divisi Satu.

Sayang, kegagalannya sebagai eksekutor penalti kala Indonesia bersua Malaysia pada babak Kualifikasi Piala Duni 2022, Selasa (19/11/2019) membuatnya jadi bahan cemoohan pencinta sepak bola Tanah Air. Meski demikian, Osas Saha bukan pemain yang bisa dianggap remeh. Ia mendapat peran cukup sentral di skuat Rahmad Darmawan.

 

Cerita Lari 250 KM untuk Anak-Anak Aceh

Video Populer

Foto Populer