Sukses


4 Rekor yang Bisa Dipecahkan Bali United

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 masih menyisakan empat laga lagi, namun Bali United sudah memastikan diri menjadi kampiun. Mengoleksi 63 poin, tak ada tim lain yang akan mampu mengejar posisinya.

Kepastian gelar juara itu didapat bukan di Bali, melainkan di Stadion Haji Agus Salim, markas Semen Padang. Paulo Sergio dkk. berhasil mengalahkan tuan rumah 2-0 dan memastikan perbedaan 17 poin dari pesaing terdekatnya di posisi kedua.

"Selesai sudah hari ini. Terimakasih buat para pemain yang memberikan segalanya buat pertandingan melawan Semen Padang. Tugas kami selesai, dengan menjadi juara sebelum kompetisi berakhir," ujar Stefano Cugurra alias Teco, nakhoda Bali United usai laga.

Teco bisa dibilang satu faktor kuat yang membuat Bali United mampu keluar sebagai yang terbaik musim ini. Pelatih asal Brasil itu sukses meracik Serdadu Tridatu menjadi satu tim yang paling disegani di Indonesia.

Saat manajemen klub mendatangkan Teco, sejumlah pemain penting dipertahankan. Ilija Spasojevic, Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Ricky Fajrin, Yabes Roni, dan Muhammad Taufiq misalnya, dipertahankan.

Itu dilakukan agar stabilitas tim terjaga. Teco yang sukses membawa Persija Jakarta juara Liga 1 2019 hanya mendaratkan beberapa pemain saja yang dirasa perlu, bukan sekadar melengkapi.

Gelar juara pun bisa didapatkan lebih awal. Meski Liga 1 2019 masih menyisakan empat pertandingan lagi, masih ada empat rekor yang siap dipecahkan Bali United.

 

2 dari 5 halaman

Poin Terbanyak di Laga Kandang

PSM Makassar masih memegang rekor poin terbanyak di laga kandang. Ayam Jantan dari Timur menjadi tim 'jago kandang' karena sukses memperoleh 46 poin di kandang dalam satu musim.

Stefano Cugurra Teco memiliki peluang untuk meng-update rekor tersebut musim ini. Saat ini Bali United telah mengumpulkan 30 poin di kandang, dan masih menyisakan tiga laga kandang.

Dengan begitu, Irfan Bachdim cs. berpeluang meraih poin maksimal sebesar 49 poin.

3 dari 5 halaman

Poin Terbanyak dalam Satu Musim

Bali United dan Bhayangkara FC masih memegang rekor poin terbanyak di Liga 1. Keduanya pernah mencatatkan 68 poin dalam satu musim, yakni pada Liga 1 2017.

Saat itu, Bhayangkara FC yang dilatih Simon McMenemy keluar sebagai juara Liga. Sedangkan Bali United sempat ditangani Indra Sjafri pada pra-musim sebelum Hans-Peter Schaller sebulan kemudian.

Schaller juga tak lama melatih Bali United. Baru dua pertandingan, manajemen klub langsung memecatnya. Eko Purjianto kemudian diberikan tugas menjadi pelatih sementara sebelum Widodo C. Putro ditunjuk sebagai pelatih tetap.

Dari pekan ke-6 Liga 1 2017, Widodo C. Putro berhasil menerbangkan Bali United ke papan atas setelah terseok-seok di lima pekan perdana. Sempat diwarnai kontroversi perihal siapa yang berhak menjadi juara, Bali United pun harus rela melepas gelar juara kepada Bhayangkara FC.

Saat ini, Bali United mengoleksi 63 poin. Mengingat laga masih menyisakan empat pertandingan lagi, mereka berpeluang mengakhiri Liga 1 2019 dengan perolehan maksimal 75 poin.

4 dari 5 halaman

Clean Sheets Terbanyak dalam Satu Musim

Wawan Hendrawan tampil memesona musim ini bersama Bali United. Kiper gaek itu membantu Bali United meraih 12 kali clean sheets dalam satu musim.

Dengan empat laga tersisa, Bali United berpeluang menambah catatan clean sheets itu musim ini. Rekor yang tercatat hingga detik ini adalah 14 clean sheets yang dipegang oleh Persija Jakarta dan Arema FC.

5 dari 5 halaman

Kekalahan Terminim dalam Satu Musim

PSM Makassar dan Persija Jakarta masih menjadi tim dengan jumlah kekalahan paling sedikit dalam satu musim Liga 1, yakni tujuh kali. Musim ini, Bali United baru menelan lima kekelahan.

Rekor PSM dan Persija sangat bisa pecah musim ini jika Bali United bisa mencegah kekalahan dari empat laga sisa. Kebetulan, hanya satu laga tandang yang akan dilakoni Bali United.

Gagal Raih Emas, Timnas Indonesia U-22 Perlu Pelatih Asing?

Video Populer

Foto Populer