Sukses


9 Tim Sepak Bola U-11 dari 7 Negara Bakal Beraksi di Asiana Cup 6

Bola.com, Jakarta - Asiana Soccer School kembali menggelar turnamen sepak bola usia dini bertaraf internasional di Jakarta pada 13 hingga 15 Desember 2019. Turnamen bertajuk Asiana Cup 6 ini akan digelar di Lapangan Panahan, Senayan, Jakarta, dan melibatkan beberapa tim dari luar negeri.

Kehadiran tim-tim dari luar negeri tersebut memang atas undangan Asiana Soccer School selaku penyelenggara. Dari sembilan tim yang akan bertanding di Asiana Cup 6, Indonesia dan Thailand masing-masing diwakilkan oleh dua tim, sementara lima tim lain berasal dari Laos, Chinese Taipei, Filipina, Malaysia, dan Australia.

Turnamen sepak bola usia dini tersebut akan mempertandingkan kategori usia U-11 dengan menggunakan 9 pemain dalam setiap timnya dan durasi pertandingan hanya 2x20 menit. Setiap tim akan saling bertemu dengan sistem liga.

"Setiap tim akan saling bertemu, masing-masing tim akan memainkan delapan pertandingan. Tim dengan poin terbanyak yang akan menjadi juara," ujar Direktur Utama Asiana Soccer School, Galih Dimuntur Kartasasmita.

Bicara mengenai pelaksanaan turnamen Asiana Cup edisi keenam ini, Galih Dimuntur Kartasasmita menegaskan keinginannya untuk bisa membawa turnamen level internasional untuk sepak bola usia dini ke Indonesia.

"Bagi kami turnamen ini sangat membanggakan. Setahu saya belum ada di Indonesia, terutama di Jakarta, ada sebuah sekolah sepak bola yang mengadakan turnamen bertaraf internasional," ujar Galih.

"Intinya kami ingin membawa Asiana dan Indonesia ke level internasional. Saya ingin tim Indonesia tidak hanya berkibar di negara ini. Saya ingin tim dari luar negeri juga melihat kalau tim dari Indonesia bukanlah tim kecil. Kami ingin membuktikan bibit-bibt kami berkelas di level internasional," lanjutnya terkait pelaksanaan Asiana Cup 6 yang melibatkan tim-tim Asia dan Australia itu.

 

2 dari 2 halaman

Mempromosikan Filanesia

Turnamen Asiana Cup 6 yang digelar selama tiga hari pada 13 hingga 15 Desember 2019 tersebut juga menjadi ajang bagi PSSI untuk bisa mempromosikan filosofi sepak bola Indonesia atau yang dikenal sebagai filanesia.

Hal tersebut yang membuat mengapa turnamen untuk kategori U-11 itu memilih untuk menggunakan skema pertandingan yang hanya melibatkan 9 pemain dalam masing-masing tim.

"Kami sudah bertemu dengan PSSI. Jadi turnamen ini akan sekaligus mempromosikan filanesia," ujar Direktur Teknik Asiana Soccer School, Mahruzar Nasution.

"Progres turnamen ini pun cukup baik pada setiap tahunnya. Visi dan misi dari ajang ini adalah menciptakan pemain yang berkarakter," lanjut Mahruzar, yang juga merupakan asisten pelatih Timnas Indonesia U-19.

 

Video Populer

Foto Populer