Sukses


Mengintip Persaingan 5 Klub Liga 1 yang Berjuang Masuk Zona Tunggu Piala AFC

Bola.com, Surabaya - Trofi juara Shopee Liga 1 2019 telah dipastikan menjadi milik Bali United sejak pekan ke-30. Dua pekan kemudian, giliran tiga tim, yakni Semen Padang, Kalteng Putra, dan Badak Lampung yang memastikan terdegradasi ke Liga 2 2020.

Dengan menyisakan dua laga setelah Bali United memastikan gelar juara, Liga 1 2019 diprediksi bakal hambar. Namun, masih ada satu slot yang memunculkan persaingan ketat tim-tim papan atas. Tim yang menempati posisi kedua klasemen akhir masih belum ditentukan.

Kini, ada lima konstestan yang berjuang mendapatkan posisi runner-up setelah pekan ke-33.Lima tim itu adalah Persipura Jayapura (peringkat 2/52 poin) dan Persebaya Surabaya (3/51). Tiga tim lainnya, yaitu Bhayangkara FC (4), Borneo FC (5), dan Madura United (6) yang sama-sama mengoleksi 50 poin.

Persipura bakal berjumpa Borneo FC dalam laga pekan terakhir di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (22/12/2019). Lalu, Persebaya dijadwalkan menjamu Badak Lampung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (21/12/2019).

Bhayangkara melawat ke markas PSIS Semarang di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Sabtu. Sedangkan Madura United bakal menantang sang kampiun Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu malam.

Dengan situasi itu, seharusnya lima tim yang bersaing tersebut bertanding di saat yang bersamaan. Sesuai jadwal semula, pekan terakhir dimainkan serentak pada Minggu. Namun, PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi mengubahnya.

Sekilas, posisi runner-up tidak memberi dampak untuk klub yang berhasil menempatinya di klasemen akhir. Sebab, slot untuk tampil di zona Asia telah dihuni Bali United dan PSM Makassar.

PSM Makassar, yang menjuarai Piala Indonesia 2018, mendapat jatah putaran play-off Piala AFC 2020 melawan tim asal Timor Leste, Lalenok United, pada 22 dan 29 Januari 2020. Jika PSM kalah, wakil Indonesia di kompetisi Asia kemungkinan hanya satu, yaitu Bali United.

2 dari 3 halaman

Hasil Bali United Memengaruhi

Bali United, yang menjadi kampiun Liga 1 2019, akan menjalani babak pendahuluan 1 Liga Champions Asia 2020 melawan wakil Singapura, Tampines Rovers, 14 Januari 2020. Hasil Bali United inilah yang menentukan slot tambahan wakil Indonesia di Asia.

Klub berjulukan Serdadu Tridatu itu melewati jalan yang terjal sebelum untuk mencapai fase grup Liga Champions Asia. Selain babak pendahuluan 1, masih ada dua pertandingan lagi untuk bisa tampil di putaran final.

Jika mengalahkan Tampines Rovers, Bali United bakal berjumpa klub Australia, Melbourne Victory, 21 Januari 2020. Kalau berhasil menang lagi, klub asal Pulau Dewata itu berjumpa dengan tim peringkat ketiga atau keempat J League 1 Jepang yang belum ditentukan.

Setelah menang di babak play-off itu, baru Bali United bisa ke fase grup. Dengan situasi itu, klub yang menjadi runner-up Shopee Liga 1 2019 berkesempatan tampil di Piala AFC 2020 dan langsung masuk fase grup.

Posisi runner-up ini disebut dengan slot tunggu karena harus menggantungkan pada hasil Bali United. Dengan peluang tampil di Asia, tidak heran lima tim yang memperebutkan posisi kedua itu akan bersaing ketat.

3 dari 3 halaman

Kans Persipura Terbesar

Persipura menjadi klub yang paling berpeluang finis di posisi runner-up jika melihat klasemen sementara dengan menghuni peringkat kedua. Tim Mutiara Hitam hanya perlu mengalahkan Borneo FC untuk menutup peluang empat pesaing lainnya. Kemenangan akan membuat Persipura mengoleksi 55 poin.

Persebaya agak berat. Selain harus mengalahkan Badak Lampung, Bajul Ijo juga mesti berharap Persipura gagal mengalahkan Borneo FC. Bhayangkara juga mesti menang atas PSIS sambil menginginkan Persipura dan Persebaya tergelincir.

Borneo FC dan Madura United pun sama. Keduanya diwajibkan menang atas lawannya masing-masing dan harus menyaksikan tiga tim di atasnya kalah.

Di sisi lain, Borneo FC menjadi satu-satunya dari lima tim itu yang dipastikan tidak bisa tampil di Asia. Klub berjulukan Pesut Etam itu gagal mendapatkan verifikasi klub AFC untuk berkompetisi di level internasional.

Maka, tersisa empat klub saja yang harus berjuang mati-matian merebut posisi satu setrip di bawah Bali United. Persaingan Persipura, Persebaya, Bhayangkara, dan Madura United akan menjadi sajian unik.

Tetapi, tetap jangan lupakan persaingan sengit itu tidak menjadi jaminan penguni runner-up bisa tampil di Piala AFC 2020. Patut diingat mereka tetap menggantungkan harapan itu pada hasil Bali United selama babak pendahuluan Liga Champions Asia 2020.

Video Populer

Foto Populer