Sukses


Jadi Runner-up Shopee Liga 1 2019, Persebaya Bisa Lolos ke Piala AFC 2020

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya membuka kesempatan untuk lolos ke Piala AFC 2020 setelah mengakhiri Shopee Liga 1 2019 di peringkat kedua. Pada pekan ke-34 atau partai terakhir kompetisi, tim berjulukan Bajul Ijo itu menang 2-1 atas Perseru Badak Lampung FC di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu (21/12/2019).

Raihan tiga poin itu membuat Persebaya Surabaya menggeser Persipura Jayapura di peringkat kedua dengan 54 poin. Persipura gagal finis di posisi kedua setelah ditahan Borneo FC 2-2, Minggu (22/12/2019) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Berada di urutan kedua, Persebaya unggul satu angka dari Bhayangkara FC dan Persipura Jayapura yang menduduki posisi ketiga dan keempat.

Akan tetapi, kans Bajul Ijo ke Piala AFC 2020 terbilang kecil. Sebab, armada Aji Santoso masih harus menunggu kiprah sang juara Liga 1 2019, Bali United, di Liga Champions Asia (LCA).

Bali United akan memulai perjalanannya di LCA dari babak eliminasi pertama sebelum membutuhkan dua tahapan lagi ke babak penyisihan. Jika tim berjulukan Serdadu Tridatu ini berhasil lolos ke fase grup, Persebaya otomatis akan menempati Grup G di Piala AFC 2020.

Jika Bali United tereleminasi sebelum menembus babak penyisihan, maka pintu Piala AFC 2020 tertutup rapat untuk Persebaya Surabaya. Pasalnya, Bali United akan turun kasta dan tampil di turnamen kasta kedua antarklub Asia tersebut.

Merujuk pada pencapaian dua tahun belakangan, wakil Indonesia selalu rontok di babak eliminasi/play-off LCA dan terpaksa terlempar ke Piala AFC. Sebagai wakil Indonesia di LCA pada 2018 dan 2019, Bali United serta Persija Jakarta sama-sama tersingkir di babak eliminasi kedua.

2 dari 2 halaman

Satu Slot Piala AFC 2020 untuk PSM

Indonesia mendapat jatah tiga wakil di Asia oleh AFC yang terdiri dari satu tim di LCA, satu klub di Piala AFC, dan satu yang lain di daftar tunggu Piala AFC.

Bali United adalah wakil Indonesia di LCA dan Persebaya Surabaya masuk daftar tunggu di Piala AFC. Adapun, slot Piala AFC telah disegel oleh PSM Makassar setelah menjuarai Piala Indonesia 2018-19.

"Jatah runner-up Liga 1 2019 masih menunggu Bali United. Kalau Bali United gagal masuk ke fase grup LCA, mereka akan bermain di fase grup Piala AFC. Dan runner up Liga 1 2019 tidak dapat slot," jelas Manajer Kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 2019, Asep Saputra kepada Bola.com belum lama ini.

Video Populer

Foto Populer