Sukses


Deretan Pesepak Bola yang Bersinar di Selangor FA

Bola.com, Jakarta - Selangor FA merupakan satu di antara klub tertua di Malaysia. Sejumlah pemain bintang pernah mengukir prestasi gemilang bersama klub berjulukan The Red Giants tersebut.

Satu nama yang akan selalu dikenang oleh pendukung Selangor FA adalah Mohd Amri Yahyah. Membela Selangor dari 2010 sampai 2013 serta 2017 sampai 2019, Amri mencatatkan 500 penampilan bersama The Red Giants.

Dengan jumlah tersebut, dia menjadi pemain dengan penampilan terbanyak banyak sepanjang masa di Selangor FA. Selain itu, pemain akrab disapa Wak Am tersebut turut membantu Selangor meraih 11 trofi juara, termasuk dua gelar Malaysia Super League dan tiga titel Malaysia FA Cup.

Selain Mohd Amri Yahyah, pemain Timnas Malaysia lainnya yang memiliki karier gemilang bersama Selangor FA adalah Safiq Rahim. Berseragam Selangor pada 2007 sampai 2008 dan 2010 hingga 2013, Safiq membawa The Red Giants meraih tiga gelar juara.

Bukan hanya pemain Malaysia, beberapa nama yang pernah tampil di Piala Dunia juga pernah berkostum merah-kuning, yakni Karel Stromsik (Slovakia), Peter Disztl (Hungaria), dan Perica Ognjenovic (Yugoslavia/Serbia).

Karel Stromsik memperkuat Selangor FA dari 1989 sampai 1991, Peter Disztl pada musim 1993, dan Perica Ognjenovic musim 2006.

Video

2 dari 4 halaman

Pemain Indonesia yang Sukses di Selangor FA

Beberapa pesepak bola Indonesia juga pernah mengadu peruntungan di klub yang telah berusia 83 tahun tersebut. Bambang Pamungkas dan Elie Aiboy menjadi pemain Indonesia generasi pertama yang memperkuat Selangor FA.

Bepe dan Elie Aiboy membela Selangor pada musim 2005 sampai 2007. Keduanya berhasil menorehkan prestasi gemilang pada musim perdana bersama Selangor FA, yakni treble winner (Malaysia Premier League, Malaysia FA Cup, dan Malaysia Cup).

Prestasi yang ditorehkan Bambang Pamungkas dan Elie Aiboy bersama Selangor membuat namanya tak bisa dilupakan sebagai bagian dari klub. Saat Bambang Pamungkas pensiun, Selangor FA menganggapnya sebagai legenda klub.

Keberhasilan Bepe dan Elie mampu diikuti Andik Vermansyah. Memperkuat Selangor FA dari 2014 sampai 2017, Andik mampu mendongkrak performa timnya.

Pemain kelahiran Jember itu berhasil mencetak 16 gol dari 114 diseluruh ajang. Dia juga membantu The Red Giants merengkuh trofi Malaysia Cup 2015.

Pemain Indonesia lainnya yang memperkuat Selangor FA adalah Ilham Udin Armaiyn dan Evan Dimas Darmono. Hanya, kedua pemain tersebut tidak bisa melanjutkan catatan manis pemain Indonesia di Selangor.

Evan Dimas dan Ilham Udin lebih sering menghangatkan bangku cadangan, karena kalah bersaing dengan pemain lain. Keduanya juga tak meraih gelar apa pun selama berkarier di Malaysia pada musim 2018.

3 dari 4 halaman

Pemain Bintang pada Musim Lalu

Pada musim lalu, beberapa pemain Selangor FA mampu mencuri perhatian, satu di antaranya adalah Ifedayo Olusegun. Pemain yang mulai berseragam Selangor pada musim 2019 itu mampu tampil gemilang.

Dia berhasil mencetak 15 gol dan tiga assist dari 18 pertandingan di seluruh ajang. Namun, dia gagal membawa The Red Giants merengkuh satu pun trofi juara pada musim lalu.

Satu pemain asing lain yang bermain gemilang bersama Selangor FA adalah Taylor Regan. Pemain asal Australia tersebut merupakan tembok kukuh di lini belakang Selangor.

Selain mampu menghalau serangan lawan, Taylor juga piawai mencetak gol. Pada musim lalu, dia berhasil mendulang dua gol dari 28 penampilan di semua ajang.

Bukan hanya pemain asing, pesepak bola lokal juga tampil impresif bersama Selangor FA pada musim lalu. Beberapa di antaranya adalah Syazwan Zainon (4 gol dari 25 laga), Sean Selvaraj (2 gol dari 27 laga), dan Khyril Muhymeen (7 gol dari 17 pertandingan).

Nama-nama tersebut diyakini bakal menjadi ancaman Persib Bandung pada laga Asia Challenge Cup 2020 di Stadion Shah Alam, Selangor, Sabtu (18/1/2020).

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Asia Challenge Cup 2020:

Sabtu (18/1/2020)

19.20 WIB, Selangor vs Persib (TV One)

23.30 WIB, Hanoi FC vs Bangkok United

Minggu (19/1/2020)

15.50 WIB, Persib vs Hanoi FC (TV One)

23.30 WIB, Selangor vs Bangkok United

Video Populer

Foto Populer