Sukses


Mantan Pemain PSS Sleman Jadi Pengusaha Ayam Geprek di Labuan Bajo

Bola.com, Jakarta Mantan pemain PSS Sleman, Patrick Domal kini menggeluti usaha kuliner di kampung halamannya di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bola.com tidak sengaja mampir ke sebuah warung makan ayam goreng bernama Thirteen Chick's di kawasan Cowang Dereng, Labuhan Bajo. Ternyata, warung tersebut milik Patrick Domal, mantan pemain PSS.

Patrick merintis bisnis rumah makan dengan sajian menu spesial ayam geprek khas Yogyakarta sejak 2018. Ia memilih menu ayam geprek, lantaran sudah cukup lama berkarier di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Selain membela PSS, Patrick Domal juga sempat berseragam Persiba Bantul, PSGC Ciamis, PSCS Cilacap, dan PPSM Magelang sebagai klub terakhirnya.

"Sudah satu tahun lebih saya merintis usaha kuliner ini. Kebetulan saya lama di Yogyakarta, jadi menunya ayam goreng geprek. Saya dibantu oleh tiga orang karyawan" kata Patrick Domal, Kamis (23/1/2020).

Patrick mengatakan, pertumbuhan pariwisata di Labuan Bajo yang meningkat pesat, membuatnya semakin mantap mengembangkan usaha di kampung halaman. Labuan Bajo kini menjadi destinasi wisata super premium oleh Presiden Joko Widodo.

"Puji Tuhan lumayan banyak yang membeli, terutama pesanan untuk acara kantor-kantor pemerintahan karena lokasi warung saya yang tidak jauh. Kemudian ada usaha kecil-kecilan lainnya saya suplai dari Jawa, kebetulan istri juga dari Kendal," kata pemain yang berseragam PSS Sleman pada 2007-2012 itu.

2 dari 4 halaman

Masih Bergelut dengan Sepak Bola

Patrick tetap menggeluti sepak bola setelah pensiun pada 2017. Pria berusia 33 tahun ini menjadi pelatih.

Ia memiliki lisensi kepelatihan C AFC yang ia dapatkan tahun lalu di Bali. Patrick juga membesut klub Liga 3 dari zona Flores, yakni Persatuan Sepak Bola Manggarai Barat (Persamba) pada 2019.

Di luar kesibukannya, ia juga dengan sukarela memberikan ilmu kepada anak-anak kecil di sekitar Labuan Bajo. Menurutnya, tak ada SSB di Flores, sehingga perlu perhatian serius.

"Padahal di Flores potensinya sangat besar dan bakatnya masih alami. NTT pernah melahirkan pesepakbola ternama seperti Heru Nerli (Kupang) yang pernah bermain di Persipura Jayapura atau Yabes Roni Malaifani dari Pulau Alor yang merupakan pemain Bali United," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Ikuti Perkembangan PSS

Patrick Domal juga tak ketinggalan dalam mengikuti perkembangan PSS Sleman. Ia sangat terkesan dengan klub setelah lima musim bergabung.

Hanya, saat ini, PSS sedang menghadapi kondisi pelik, setelah keputusan kontroversial manajemen klub yang tak memperpanjang kontrak Seto Nurdiyantoro.

Ia berharap, polemik yang sedang terjadi di PSS segera berakhir.

"Padahal Seto adalah pelatih yang cukup sukses bisa bertahan dua musim. Saat saya main dulu, tidak ada pelatih yang bisa bertahan lebih dari satu musim bersama PSS. Mungkin manajemen punya pertimbangan tersendiri," jelas Patrick Domal.

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer