Sukses


Juara Piala Gubernur Jatim 2020 Hanya Diganjar Rp300 Juta

Bola.com, Surabaya - Turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020 bakal segera mulai pada 10 Februari. Asprov Jatim selaku penyelenggara mengumumkan bahwa total hadiah turnamen tersebut sebesar Rp500 juta.

Dari total di atas, tim juara akan mendapatkan sebesar Rp300 juta. Sedangkan tim runner-up membawa pulang Rp200 juta. Sisanya, tidak ada hadiah nominal uang untuk tim peringkat ketiga dan para peraih gelar individu.

“Latar belakang Piala Gubernur Jatim ini untuk memberikan sarana klub Jatim dalam pramusim sebelum kompetisi," kata Heru Tjahjono, Sekretatis Daerah Provinsi Jawa Timur.

"Kami gunakan sistem setengah kompetisi di grup. Lalu fase gugur di semifinal dan final, hadiahnya piala bergilir untuk juara. Dan, hadiah pembinaan Rp300 juta juara pertama, juara kedua Rp200 juta,” lanjutnya.

Total nominal hadiah ini terbilang kecil untuk sebuah turnamen yang diikuti oleh kontestan kasta tertinggi tanah air. Bahkan, satu dari delapan kontestan berasal dari Malaysia, yaitu Sabah FA.

2 dari 3 halaman

Perbandingan dengan Turnamen Pramusim Lainnya

Jika dibandingkan, Piala Presiden 2019 memberikan hadiah yang jauh lebih besar. Rinciannya adalah juara mendapat Rp3,3 miliar, lalu tim runner-up Rp2,2 miliar, dan peringkat ketiga bersama meraih Rp750 juta.

Piala Gubernur Kaltim 2018 yang digelar sebagai turnamen pramusim juga memberikan hadiah lebih besar dari Piala Gubernur Jatim 2020.

Tim kampiun diganjar Rp1 miliar, dan runner-up mendapat Rp750 juta. Bahkan, peringkat ketiga dan keempat juga tetap mendapat hadiah senilai Rp500 juta dan Rp250 juta.

Mengenai perbandingan di atas, Ketua Asprov PSSI Jatim, Ahmad Riyadh menyebut Piala Gubernur Kaltim hanya sesekali digelar. Sedangkan Piala Gubernur Jatim bakal berlangsung berkelanjutan.

"Turnamen ini sempat vakum karena tidak ada slot. Makanya, sekarang kami hidupkan lagi Piala Gubernur ini dan akomodasi kami tanggung semua,” tutur Ahmad Riyadh, Ketua Asprov PSSI Jatim.

“Ini memang bukan kejar hadiah. Tapi, kesempatan uji tim yang baru dibentuk menghadapi Liga 1. Jadi, tim bisa tahu sudah solid atau belum. Apalagi, semua tiket pesawat dan hotel kami tanggung semua,” ucap pria yang juga menjabat Exco PSSI itu.

3 dari 3 halaman

Jadwal Piala Gubernur Jatim

Fase grup bakal digelar pada 10-15 Februari. Di Grup A terdapat empat tim dengan semua laga dimainkan di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan. Mereka akan bersaing untuk lolos ke semifinal, yaitu Persebaya Surabaya, Madura United, Persik Kediri, dan Bhayangkara FC

Sementara Grup B digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, dengan Arema FC berstatus sebagai tim tuan rumah.

Di grup itu ada juga Persela Lamongan. Dua tim lainnya berstatus undangan yaitu Persija Jakarta dan Sabah FA.

Dua tim teratas bakal melanjutkan kiprah di babak semifinal yang dijadwalkan pada 17 Februari.

Kemudian, partai puncak ajang ini dihelat pada 20 Februari. Asprov PSSI Jawa Timur masih belum memutuskan stadion mana yang akan menjadi venue babak semifinal dan final.

Video Populer

Foto Populer