Sukses


Informasi Bursa Transfer dan Batas Waktu Pendaftaran Pemain di Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - Liga 1 2020 bakal bergulir dalam hitungan hari. PT Liga Indonesia (LIB) selaku operator kompetisi sudah mengeluarkan regulasi yang mengatur semua aturan, termasuk bursa transfer pemain.

Hal itu tertuang dalam pasal 23 regulasi PT Liga Indonesia Baru untuk Liga 1 2020. Ada dua periode bursa transfer yang terbagi pada awal dan tengah musim.

"Terdapat 2 periode pendaftaran Pemain dalam Liga 1. LIB akan menyampaikan secara tertulis kepada Klub terhadap setiap periode pendaftaran tersebut," bunyi regulasi PT LIB.

Untuk awal musim, bursa transfer sudah dimulai sejak 7 Februari 2020. Klub diperbolehkan mendaftarkan pemain anyar sampai 10 Maret 2020 atau 11 hari setelah kick-off Liga 1 2020.

Sementara itu, bursa transfer tengah musim akan dimulai pada 20 Juli 2020 sampai 6 Agustus 2020. Ini menjadi kesempatan klub-klub untuk merekrut atau melepas pemain.

Pada pasal 24 mengatur soal jumlah pemain yang boleh didaftarkan, termasuk kuota pemain asing. Pada Liga 1 2020 klub diperbolehkan merekrut maksimal 33 pemain.

Namun, untuk klub yang berlaga di pentas Asia, diperbolehkan mendaftarkan pemain paling banyak 36 orang. Klub juga maksimal boleh mendaftarkan tiga kiper untuk mengarungi Liga 1 2020.

"Apabila klub tidak dapat memenuhi persyaratan pendaftaran sekurang-kurangnya 18 pemain sesuai dengan ayat 1 Pasal ini pada tanggal yang ditetapkan LIB, maka klub tersebut dapat dipertimbangkan untuk tidak dapat mengikuti Liga 1," bunyi regulasi tersebut.

Untuk regulasi pemain asing tidak mengalami perubahan. Klub diperbolehkan mendaftarkan tiga pemain asing bebas plus satu pemain asing yang berasal dari negara-negara di bawah naungan AFC.

Sejauh ini hampir seluruh klub peserta Liga 1 2020 sudah melengkapi kuota pemain asing. Hanya Persiraja Banda Aceh yang belum mengisi slot pemain asing Asia.

2 dari 3 halaman

Disiarkan EMTEK Group

Di sisi lain, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, atau EMTEK kembali memegang hak siar Liga 1 2020. EMTEK berkomitmen untuk menyiarkan pertandingan-pertandingan sepak bola Indonesia yang berkualitas.

Liga 1 2020 menjadi musim ketiga yang akan disiarkan EMTEK Group melalui saluran televisi Indosiar, O Channel, maupun Live Streaming di Vidio.

Sebanyak 306 pertandingan akan disiarkan secara langsung dan live streaming.

Perinciannya ,188 pertandingan live di Indosiar, 50 pertandingan di O channel, dan sisanya live streaming di Vidio. Waktu siaran pertandingan masih serupa dengan musim sebelumnya yakni jam 15.30 WIB dan 18.30 WIB.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer