Sukses


Makan Konate Jadi Kapten Persebaya

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya menunjuk Makan Konate menjadi kapten tim pada Shopee Liga 1 2020.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, menuturkan keputusan ini telah diambil setelah berdiskusi dengan manajemen klub. Hasilnya, Konate akan menjadi pemimpin skuat Bajul Ijo, dengan Hansamu Yama dan Rachmat Irianto sebagai deputinya. 

“Kami sudah melakukan pertemuan dengan manajemen untuk aturan-aturan di kompetisi. Saya juga presentasi ke pemain, bagaimana cara kami bermain lebih detail lagi formasi apa saja yang kami mainkan sampai kaptennya juga sudah kami putuskan. Dalam meeting tersebut juga kami tetapkan Konate, Yama, dan Rian sebagai kapten tim,” ucap Aji. 

Keputusan memilih Konate sebagai kapten sebenarnya sudah terlihat saat gelaran Piala Gubernur Jatim 2020. Mulanya, Rachmat Irianto menjadi kapten tim dalam dua laga awal. Namun, gelandang muda itu absen di tiga laga berikutnya karena mengikuti TC Timnas Indonesia. 

Makan Konate lantas menggantikan peran pemain yang akrab disapa Rian itu dengan mengenakan ban kapten di tiga laga tersisa. Dia juga yang mendapat kehormatan mengangkat trofi juara Piala Gubernur Jatim 2020, meski akhirnya tidak kondusif.

Ini bakal jadi kali pertama bagi Konate menyandang status kapten tim sejak berkarier di Indonesia mulai 2012. Dia mengaku sangat terkejut saat diminta menerima jabatan cukup penting dalam sebuah tim tersebut. 

“Apalagi, saya baru gabung Persebaya. Dulu saya sempat menjadi kapten, tapi saat laga persahabatan saja. Saya datang ke sini bukan untuk menjadi kapten. Saya cuma ingin berkontribusi maksimal bagi tim,” ucap mantan pemain Persib Bandung itu.

Makan Konate

2 dari 2 halaman

Idola Baru

Makan Konate menyandang status menjadi pemain asing pertama yang menajdi kapten Persebaya, setelah klub itu kembali berlaga di pentas sepak bola nasional sejak 2017. Sebelumnya, jabatan itu dihuni oleh Rendi Irwan dan Ruben Sanadi. 

Di sisi lain, Hansamu Yama dan Rachmat Irianto sudah tidak asing dengan ban kapten melingkar di lengannya. Selain Persebaya, mereka pernah menjadi kapten di Timnas Indonesia kelompok usia, masing-masing pada SEA Games 2017 dan Piala AFF U-19 2017.

Makan Konate memang menjadi idola baru di kalangan suporter Persebaya. Dia langsung mampu memikat suporter setelah tampil apik di Piala Gubernur Jatim 2020 dengan torehan masing-masing tiga gol dan assist

Video Populer

Foto Populer