Sukses


Duel Pelatih Persebaya Vs Persipura: Jacksen Tiago Dikepung 3 Sahabat

Bola.com, Surabaya - Setiap musim berganti, tak akan habis dan bosan untuk mengupas sosok Jacksen Tiago ketika tim asuhannya bertemu Persebaya Surabaya. Apalagi, jika pertandingan itu terjadi di Surabaya.

Musim lalu, Jacksen Tiago membawa dua tim berbeda, Barito Putera dan Persipura, bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Pada awal musim, pria asal Brasil ini mundur dari Barito Putera dan jatuh ke pelukan Persipura Jayapura.

Emosi bakal membuncah saat Jacksen Tiago harus bersaing dengan Aji Santoso, mantan rekan sekaligus kapten tim yang mempersembahkan gelar juara kepada Persebaya pada 1996-1997.

Belum lagi, ada dua sosok asisten pelatih Bajul Ijo, Bejo Sugiantoro dan Uston Nawawi yang kala itu menjadi pemain muda berbakat.

Lengkap sudah, Jacksen Tiago akan dikeroyok tiga sobatnya itu saat Persipura meladeni Persebaya pada pekan ketiga Shopee Liga 1 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (13/3/2020).

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, ikut dalam ritual menyanyikan Song for Pride di tengah lapangan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, usai laga Persebaya kontra Persipura di laga pekan ke-12 Shopee Liga 1 2019, Jumat (2/8/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

"Persebaya dan Surabaya selalu di hati saya. Ini wajar dan manusiawi. Pemain kelas dunia pun, pasti tak bisa melupakan klub yang membesarkannya," kata Jacksen Tiago.

Uniknya, musim lalu, Jacksen Tiago bersama ofisial dan pemain menyanyikan anthem Persebaya di tengah lapangan. Padahal saat itu, Persipura kalah 0-1.

"Respek dan sportif. Itu ruh olahraga dan sepak bola. Perseteruan di antara kami dibatasi waktu selama pertandingan. Setelah itu, semua adalah sahabat," tuturnya.

Video

2 dari 2 halaman

Adu Taktik dengan Aji

Tapi, bagi Jacksen Tiago, yang lebih menarik bagaimana adu taktik dengan Aji Santoso.

"Saya respek kepada Aji dan teman-teman Persebaya. Musim lalu, dia mengalahkan saya. Kali ini saya tak mau kalah lagi," ucapnya.

Pada Shopee Liga 1 2019, Jacksen Tiago tak hanya dikalahkan Aji Santoso secara head to head. Tapi juga perebutan posisi runner-up di klasemen akhir musim.

"Tahun lalu kondisi kami sangat tidak ideal. Persipura berpindah-pindah kandang. Musim ini, kami akan menetap di Manado. Saya kira hasil Peesioiray akan lebih bagus lagi," ucapnya.

Kepiawaian Jacksen dalam meracik strategi juga menuai pujian dari Aji. 

"Saya sangat tahu sejak dulu semasa bermain kalau coach Jacksen, pemain yang sangat berkualitas. Sekarang sebagai pelatih, Jacksen punya keseimbangan, antara menyerang dan bertahan," tutur Aji.

Video Populer

Foto Populer