Sukses


Gelandang Arema Asal Korea Selatan Berbagi Tips Cegah Penularan Virus Corona

Bola.com, Malang - Arema FC meliburkan aktivitas latihan selama lima hari. Mereka baru menggelar latihan pada 20 Maret mendatang. Saat liburan, pemain tidak hanya menyibukan diri di rumah. Ada juga yang melakukan hal positif.

Gelandang asal Korea Selatan, Oh In-Kyun, membagikan tips untuk mengantisipasi virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut. Lewat akun instagramnya, inkyunreal85, dia menuliskan sejumlah tips yang bisa diterapkan. Ada 9 poin yang disampaikan.

“Di sini, saya ingin bagi kepada teman-teman tentang cara antisipasi Virus corona. Semoga teman-teman semua baik-baik saja,” tulisnya.

Langkah pertama yang disampaikan In-Kyun adalah menghindari tempat-tempat umum yang ramai pengunjung. Kedua, menggunakan masker ketika beraktivitas ditempat umum atau keramaian.

Selanjutnya, mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol 60 persen setelah beraktivitas di luar rumah atau tempat umum.

Ke empat, jangan menyentuh mata, mulut dan hidung sebelum mencuci tangan. Lalu, hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Jika terjadi kontak, langsung cuci tangan setelahnya. Keenam, masak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

Selanjutnya, menutup hidung dan mulut dengan tisu saat batuk dan bersin. Lalu, buang tisu tersebut ke tempat sampah. Hindari berdekatan dengan orang yang sakit demam, batuk atau flu. Tips terakhir menjaga kebersihan barang yang sering disentuh dan kebersihan lingkungannya.

Oh In-kyun aktif memberikan tips mengantisipasi virus karena Korea Selatan jadi negara ketiga terbanyak di luar China yang warganya positif terpapar Corona. Dia tidak ingin teman-temannya di Indonesia mengalami hal yang sama.

Video

2 dari 2 halaman

Tunda Boyong Keluarga

Korea Selatan termasuk negara yang cukup berhasil melawan virus tersebut. Dari data John Hopkins University, angka kematian di Korea Selatan hanya 0,89 % dari jumlah kasus 8.086 orang yang terkena corona.

Gara-gara virus ini pula, Oh In-kyun menunda rencana untuk membawa keluarganya dari Korea Selatan ke Malang. Keluarganya sementara lebih banyak beraktivitas di rumah dan menghindari perjalanan jauh. Jika virus ini sudah teratasi, kemungkinan rencana bertemu dengan keluarga bisa dilakukan. 

Video Populer

Foto Populer