Sukses


Dedi Kusnandar Mulai Merasa Rindu Canda dan Tawa saat Jalani Latihan Bareng Tim Persib

Bola.com, Jakarta - Sudah lebih dari dua pekan para pemain Persib Bandung menjalani latihan mandiri di rumahnya masing-masing semenjak Shopee Liga 1 2020 dihentikan sementara oleh PSSI imbas penyebaran virus corona COVID-19 yang kian merebak di seantero Indonesia.

Pandemi virus corona yang saat ini sedang terjadi di dunia memang membuat khawatir semua orang, mengingat penyebarannya sangat cepat.

Pemerintah Indonesia pun tidak henti-hentinya mengimbau kepada seluruh masyarakat di tanah air untuk tetap tinggal di rumah. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk memutus mata rantai pandemi virus corona.

Gelandang jangkar Persib, Dedi Kusnandar, jadi lebih banyak menghabiskan waktu tinggal di rumah dan berkumpul bersama keluarga kecilnya. Setiap hari ia melakukan latihan ringan untuk menjaga kondisi fisik.

“Pasti tetap latihan, dan kami para pemain mendapat program dari pelatih untuk latihan di rumah serta latihan online. Pasti terasa beda, tapi tetap harus dijalankan supaya kondisi fisik tetap terjaga dengan baik,” tutur pemain yang akrab disapa Dado seperti dikutip dari Pikiran Rakyat.

Dado pada awalnya merasa agak canggung dengan pola latihan seperti ini, karena biasanya ia selalu berlatih bersama pemain Persib lainnya di bawah pengawasan langsung yang ketat oleh pelatih Robert Alberts.

“Pasti ada bedanya, kan biasa kami bareng-bareng, sekarang latihan sendiri. Suasananya sepi, tak ada canda atau tawa seperti biasanya,” katanya.

Tidak hanya itu, gelandang angkut air kelahiran 23 Juli 1991 itu pun menjalani masa liburan ini dengan mengisi kegiatan bersama istri dan anaknya.

“Sekarang saya banyak melakukan pekerjan-pekerjaan rumah tangga bareng istri. Seperti misalnya ngemong anak atau membersihkan rumah,” ujar pemain yang namanya melesat usai membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2013 itu.

Video

2 dari 2 halaman

Latihan Dipantau Secara Daring

Aktivitas latihan mandiri para pemain Persib dipantau secara daring oleh tim pelatih. Robert Alberts cs. pun membuat lomba video latihan bagi para pemain.

Asisten pelatih Persib, Yaya Sunarya, memaparkan diadakannya lomba video latihan itu bertujuan untuk memotivasi para pemain berlatih di tengah situasi sulit seperti sekarang.

Ada pun video latihan yang diperlombakan adalah latihan mandiri pemain di luar latihan yang materinya disiapkan pelatih.

"Kami berusaha mengirimkan program-program, pekan perdana latihan pemulihan fisik. Pemain bisa membuat program latihan sendiri di kediaman masing-masing menyesuaikan program yang dikirimkan tim pelatih. Nantinya para pemain berlomba untuk mengirimkan video latihannya latihan mandiri sendiri, bebas apa saja. Dalam sepekan ada dua hari sesi pemulihan latihan yang bisa digunakan untuk kepentingan perlombaan," kata Yaya di situs resmi Persib.

Para pemain Persib sejatinya sudah sering membagikan video latihan mandiri mereka di rumah masing-masing. Para pemain Maung Bandung sering membagikannya di media sosial Instagram atau Twitter. Sesekali sambil mengkampanyekan gerakan #dirumahaja demi menghindari potensi penularan virus corona COVID-19.

 

Video Populer

Foto Populer