Sukses


Kiprah 4 Pemain Thailand yang Pernah Membela Persib Bandung

Bola.com, Bandung - Kehadiran pemain asing menjadi warna tersendiri dalam sejarah kompetisi liga Indonesia, termasuk Persib Bandung. Sejak liga Indonesia edisi pertama, penonton sudah bisa menikmati aksi pemain-pemain asing, terutama dari Amerika Selatan dan Afrika.   

Tak bisa dipungkiri, para pemain tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi persepakbolaan Indonesia. Kehadiran mereka juga diharapkan mendongkrak motivasi bagi pemain-pemain Indonesia dan bisa menambah ilmu bagi para pemain lokal.

Setelah serbuan pemain asal Amerika Selatan dan Afrika, pemain asing yang hadir ke Liga Indonesia kian berwarna. Pemain-pemain asal Asia mulai ikut menyemarakkan sepak bola di Tanah Air.  

Sejak ada regulasi (tahun 2003) bahwa setiap klub bisa merekrut pemain asing, tiga dari Eropa dan satu Asia (3+1), setiap klub berlomba mendatangkan pemain asing yang kualitasnya di atas rata-rata pemain lokal.

Tak terkecuali Persib Bandung. Tim berjulukan Maung Bandung ini mencoba mendatangkan pemain asing Eropa dan Asia pada musim 2004-2005.

Khusus pemain Asia, Persib Bandung pernah diperkuat oleh empat pemain asal Thailand. Berikut empat pemain asal Thailand yang pernah memperkuat tim Pangeran Biru.

 

2 dari 6 halaman

1. Pradith Thawechai

Pemain kelahiran Chaiyaphum, Thailand, 7 Februari 1979 ini memperkuat Persib Bandung pada musim 2004. Ia merupakan pemain Asia pertama yang bergabung ke Persib

Bermain di posisi bek kanan, Pradith Thawechai bermain bersama Persib dalam 67 kali pertandingan dan mencetak delapan gol.

Namun, pada musim 2005 Persib melepas Pradith Thawechai ke ke klub Singapura Tampines Rovers FC. Sebelum dilepas ke Tampines, ia bersama Nipont Chanarwut dan dua pemain Thailand lainnya sempat ikut seleksi tim Persib di bawah asuhan Risnansar Soendoro.

 

3 dari 6 halaman

2. Nipont Chanarwut

Persib Bandung pada 2005 merekrut pemain Thailand lain Nipont Chanarwut. Nipont yang berposisi sebagai stoper ini sempat mendapat pujian dari pelatih Persib Bandung saat itu Risnandar Sundoro.

Menurut Risnandar, permainan Nipont sangat taktis dan mampu membaca arah umpan dari pemain lawan.

Nipont menjadi pemain yang ikut seleksi Persib Bandung pada November 2005. Akan tetapi Nipont akhirnya hanya memperkuat Persib setengah musim, begitu juga Pradith Tawechai.

 

4 dari 6 halaman

3. Sinthaweechai Hathairattanakool

Pemain asal Thailand tersbut lebih akrab dipanggil Kosin Hathairattanakool. Ia penjaga gawang kelahiran Sakon Nakhon, Thailand, 23 Maret 1982 yang membela Persib pada Liga Indonesia 2005-2006.

Kehadiran Kosin ke tubuh Maung Bandung menjadi magnet bagi para bobotoh Persib. Ia menjelma menjadi pemain idola bobotoh. Selain memiliki paras menawan, penampilanya dalam mengawal gawang Persib tidak diragukan.

Kosin tercatat tampil bersama Persib dalam 33 kali pertandingan. Ia sempat pindah ke Chonburi FC pada tahun 2007, namun kembali ke Persib pada 2009 dan tercatat membela Persib sebanyak 14 kali di Indonesia Super League.

 

5 dari 6 halaman

4. Suchao Nuchnum

Gelandang serang kelahiran Kanchanaburi, Thailand, 17 Mei 1983, tersebut didatangkan ke Persib Bandung pada 2009 dari TOT Sport Club. Ia datang dengan status pemain pinjaman berbarengan dengan Kosin Hatthairattanakool yang sebelumnya pernah melekat di hati bobotoh.

Penampilan Suchao lumayan ciamik. Ia langsung memikat para bobotoh. Dalam 13 kali penampilannya bersama Persib, Suchao mampu menyumbang 3 gol.

Gol debut Suchao Nuchnum di Persib tercipta saat lawan Pelita Jaya pada 21 November 2009 sekaligus membawa kemenangan bagi Persib dengan skor akhir 2-1.

Pada laga terakhir bersama Persib, 26 Januari 2010, Suchao Nuchnum meninggalkan kenangan indah lantaran menyumbang satu gol saat lawan Persik Kediri yang berakhir kemenangan 4-1.

Setelah meninggalkan Persib, Suchao akhirnya berlabuh ke Buriram United, Thailand.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer