Sukses


Sinthaweechai Hathairattanakool dan Deretan Pemain Thailand yang Pernah Bermain di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Kompetisi sepak bola Indonesia pernah menjadi surga buat para pesepak bola Thailand. Banyak pemain asal Negeri Gajah Putih pernah berkarier dan memperkuat klub-klub elite Tanah Air.

Persib Bandung menjadi klub yang paling sering merekrut pemain Thailand. Sepanjang sejarah, Persib telah mendatangkan 4 pemain Thailand, sedangkan Persijap Jepara berada di urutan kedua dengan total tiga pemain.

Satu pemain Persib yang tersohor adalah Sinthaweechai Hathairattanakool. Mantan kiper Timnas Thailand itu pernah dua periode bermain di Indonesia bersama Persib Bandung.

Sinthaweechai bergabung dengan Persib pada 2006 dari klub Thailand Osotspa. Kiper berpostur 180 itu tampil gemilang di bawah mistar gawang Persib.

Selain karena penampilannya, tampang pemain yang akrab disapa Kosin itu cukup tampan. Wajar bila Kosin mendadak menjadi idola Bobotoh.

Bersama Persib, Kosin mencatatkan 33 pertandingan. Pada 2007, Kosin kemudian kembali ke negaranya dengan bergabung bersama Chonburi. Pada 2009, Kosin sempat kembali bermain untuk Persib dengan status pinjaman dan tampil sebanyak 11 kali.

Pada laga terakhir bersama Persib, Kosin berhasil tampil gemilang sehingga timnya menang 2-0 atas Persisam Samarinda. Setelah laga tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf, saat itu seakan melepas kiper asal Thailand tersebut dengan penuh kenangan.

"Malam ini sangat luar biasa. Saya akan selalu ingat momen ini. Saya akan ingat selalu," ucap Kosin.

Sinthaweechai Hathairattanakool bukan satu-satunya pemain Thailand yang pernah bermain di Indonesia. Lantas, siapa lagi pemain Thailand yang pernah mencicipi atmosfer sepak bola Indonesia?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 5 halaman

Pradit Taweechai

Sebelum Sinthaweechai Hathairattanakool, Pradit Taweechai sudah lebih dulu bergabung dengan Persib Bandung. Pemain yang berperan sebagai bek tengah itu datang ke Persib pada 2004.

Pradit Taweechai ketika itu sedang dalam masa terbaiknya. Pemain asal Chaiyaphum itu juga masuk dalam bagian skuat Timnas Thailand.

Bersama Persib, Pradit Taweechai mencatatkan 67 penampilan dan sukses menyumbang delapan gol. Pada 2005, Pradit Taweechai akhirnya hengkang dari Persib dan bergabung dengan Tampines Rovers.

3 dari 5 halaman

Suchao Nuchnum

Suchao Nuchnum juga pernah mencicipi atmosfer sepak bola Indonesia pada 2009. Pemain asal Kanchanaburi itu bergabung dengan Persib Bandung.

Namun, kebersamaan Suchao Nuchnum dengan Persib tak berlangsung lama. Pada 2010, Suchao Nuchnum hengkang ke Buriram United dengan catatan 13 laga dan sumbangan tiga gol bersama Persib Bandung.

Suchao Nuchnum saat ini masih bermain di Buriram United dan juga Timnas Thailand. Pada usia 36 tahun, pemain yang berperan sebagai gelandang itu masih bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya.

4 dari 5 halaman

Pipat Thonkanya

Pipat Thonkanya sempat bergabung dengan Persisam Samarinda pada 2009. Pemain yang berprofesi sebagai penyerang itu mampu menunjukkan kualitasnya di depan gawang.

Dalam 30 laga yang dimainkan, Pipat Thonkanya mencetak 10 gol. Namun, karier Pipat Thonkanya di Indonesia hanya berlangsung sebentar.

Pada 2010, Pipat Thonkanya kemudian kembali ke negaranya untuk bergabung dengan Buriram United. Pada 2017, Pipat Thonkanya akhirnya gantung sepatu di Amnat United.

5 dari 5 halaman

Daftar Lengkap

1. Persik Kediri: Wasan Sankpurn (2005)

2. Petrokimia Putra: Yutachak Usaphorm (2005)

3. Persibat Batang: Jetsada Jitsawad dan Sakda Joemdee (2005)

4. Persijap Jepara: Sakda Joemdee dan Manit Noivach (2006), Phaitoon Thiabma (2006-2010)

5. Persib Bandung: Pradit Taweetchai (2005-2006), Nipont Chanarwut (2006) Sintawechaai Hathairatanakool (2006 & 2009), Suchao Nuchnum (2009)

6. PSMP Mojokerto Putra: Anucha Chausri (2005)

7. PSS Sleman:Thanasit Tong In (2006)

8. Persebaya Surabaya: Nathapong Sukngam (2006)

9. Persikab Bandung: Worawut Wangsawat (2007)

10. Pelita Jaya: Yuttajak Kornchan (2009-2010)

11. Persisam Samarinda: Pipat Thonkaya (2009-2010)

Video Populer

Foto Populer