Sukses


Kutukan Mandul Gol Striker Brasil di Persib Bakal Disudahi Wander Luiz Musim Ini?

Bola.com, Jakarta - Semenjak menggunakan jasa pemain asing pada musim 2003 silam, silih berganti berdatangan striker impor ke Persib Bandung. Brasil termasuk salah satu negara yang sering memasok striker ke Maung Bandung.

Sayangnya tak banyak bomber asal Negeri Samba yang sukses di Persib. Hanya nama Hilton Moreira yang selalu melekat di ingatan bobotoh.

Striker dua kali membela Persib, yakni pada musim 2008-2011 dan 2012. Total ia mengoleksi 32 gol.

Hilton dan rekannya Rafael Bastos jadi legiun asing Brasil gelombang pertama yang merapat ke Bandung di tahun 2008.  Fabio Lopez Alcantara menyusul beberapa tahun kemudian, meski kariernya seumur jagung.

Setelah itu, Persib juga sempat menggunakan jasa pemain asal Brasil lainnya, yakni Marcio Souza Da Silva. Sayangnya sang pemain kurang produktif di klub kota kembang. Ia hanya mencetak 7 gol di musim 2011-2012. Ia hanya sempat tampil sebanyak 15 laga sebelum akhirnya didepak.

Seakan tak berjodoh Persib kemudian cukup lama tak lagi memberdayakan striker asal Brasil. Baru hampir satu dekade kemudian, Persib kembali diperkuat pemain asal negara pengoleksi gelar terbanyak di Piala Dunia tersebut.

Wander Luiz secara resmi bergabung bersama Pangeran Biru pada 10 April 2020 lalu setelah menjalani masa pemantauan. 

Hingga pekan tiga Liga 1 2020, pemain bernomor punggung 9 itu tercatat menjadi salah satu pemain Pangeran Biru yang tampil tak tergantikan di dalam tim, yakni 270 menit. Selama itu, ia sudah menyumbang empat gol dan satu assist.

Apakah ini pertanda kutukan produktivitas preator asal Brasil telah berakhir?

 

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

Video

2 dari 2 halaman

Tebar Janji Bawa Juara

Terlalu dini untuk mengatakan iya. Wander Luiz baru bermain di tiga pertandingan. Produktivitasnya belum teruji benar. 

Walau karena penampilannya yang memesona, bobotoh sudah dibuat jatuh cinta. Pelatih Persib, Robert Alberts, punya ekspektasi tinggi terhadap pemain kelahiran Esprito Santo, Brasil, 17 Februari 1992 lalu.

"Dia tipikal striker modern. Amat aktif membuka ruang dan sering menciptakan peluang sendiri. Saya pribadi amat yakin ia Luiz akan jadi sosok pembeda bagi Persib musim ini," kata pelatih asal Belanda itu.

Sayang, bobotoh untuk sementara tak bisa menonton aksi Wander Luiz di lapangan. Kompetisi Shopee Liga 1 2020 sedang berhenti sementara karena pandemi corona COVID-19.

Luiz yang sempat terpapar COVID-19 kini tengah mudik ke negaranya.

"Saya berharap segera bisa kembali bermain buat Persib Bandung. Saya rindu bertanding di hadapan bobotoh. Saya punya ambisi besar membawa Persib jadi jawara musim ini," kata sang bomber.

Mungkinkah hal itu bisa terwujud? Kita lihat saja nanti. . 

Video Populer

Foto Populer