Sukses


5 Pemain dengan Assist Terbanyak Sejak Liga 1 2017 hingga 2020

Bola.com, Jakarta - Rizky Pora layak dilabeli raja assist Liga 1. Sejak edisi 2017 hingga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020, pemain asal Barito Putera itu telah mengoleksi 29 assist.

Pemain bernama lengkap Rizky Rizaldi Pora itu memiliki kemampuan yang komplet sebagai winger. Kecepatan, intuisi, dan akurasi umpan menjadi keahlian pria kelahiran Ternate itu.

Ternate memang dikenal sebagai gudangnya pesepak bola terbaik di Indonesia. Selain Rizky, ada beberapa nama lain seperti Zulham Zamrun dan Manahati Lestusen.

Terbiasa bermain di kiri, Rizky piawai ketika ditempatkan sebagai wingback. Namun, pemain berusia 31 tahun itu terbiasa dimainkan sebagai winger.

Sebelum cemerlang bersama Barito Putera, yang akhirnya membawanya mentas di level Timnas Indonesia, Rizky memulai kariernya di Persambong Sula, sebuah klub di Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Namanya makin berkibar ketika ia berseragam Persita Tangerang. Ia berhasil membawa tim berjulukan Pendekar Cisadane itu lolos ke Indonesia Super League (sekarang Liga 1).

Sejak 2013, Rizky Pora bermain untuk Barito Putera. Performa konsisten yang ia tunjukkan membawanya terbang bersama Timnas Indonesia pada beberapa kesempatan, termasuk pada ajang Piala AFF 2016.

Memasuki era Liga 1, tepatnya pada 2017 silam, Rizky Pora mampu menjaga permainan terbaiknya hingga kini. Total, ia telah mengoleksi 29 assist sampai Shopee Liga 1 2020 terhenti pada pekan ketiga.

Video

2 dari 5 halaman

Paulo Sergio - 27 Assist

Sama seperti Pora, Paulo Sergio juga sudah mencatat Double Digit Assist di dua musim berbeda (10 assist di 2017 dan 2019).

Sempat bermain untuk Bhayangkara FC, pemain asal Brasil itu kini menjadi gelandang andalan Bali United. Bukan tidak mungkin, Paulo Sergio mampu menyalip Rizky Pora.

 

3 dari 5 halaman

Wiljan Pluim - 23 Assist

Di posisi ketiga ada Wiljan Pluim. Pemain asing PSM Makassar asal Belanda ini sudah mencatatkan 23 assist.

Menariknya, ia hanya membela PSM sejak kedatangannya ke Indonesia. Pluim juga terbilang awet di Makassar ketimbang pemain asing lainnya yang seliweran di tim berjulukan Ayam Jantan dari Timur tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Dedi Hartono

Dedi Hartono mungkin tak setenar Sutan Samma atau Diego Michiels di Borneo FC, namun siapa sangka, ia diam-diam telah membukukan 23 assist.

Dedi memiliki catatan unik, di mana dalam empat musim keikutsertaannya di Liga 1 sejak 2017, ia membela empat tim berbeda (Barito Putera, Mitra Kukar, Semen Padang dan kini Borneo FC).

 

5 dari 5 halaman

Boaz Solossa - 23 Assist

Usia hanyalah angka. Mungkin itu istlah yang tepat menggambarkan Boaz Solossa. Striker gaek Persipura Jayapura itu berada di posisi kelima penyumbang assist terbanyak yakni 23.

Sama seperti Pluim dan Rizky Pora, Boaz hanya membela satu klub sejak 2017. Yang menarik, posisi Boaz adalah striker, meski pada banyak kesempatan ia kerap ditempatkan sebagai winger atau second striker.

Sumber: Labbola

Video Populer

Foto Populer