Sukses


Tradisi Pemain Bersaudara di Persib, Ada Darwis Bersaudara dan Kini Gian Zola dan Beckham Putra

Bola.com, Bandung - Sejak era 1970an Persib Bandung sudah memiliki momen diperkuat oleh dua pemain atau lebih yang memiliki ikatan keluarga, terutama adik dan kakak. Tak sedikit yang pernah memperkuat Persib Bandung dalam periode yang sama.

Pada era 1970 dan 1980an, ada Sundoro bersaudara, yakni Sunarto, Sunaryono, Risnandar, dan Giantoro. Kemudian ada juga Timisela bersaudara, seperti Freddy, Hengky, Piece, dan Max Timisela.

Setelah itu para penggemar Persib Bandung tentu tidak asing dengan dua pemain bersaudara seperti Robby Darwis dan Roy Darwis pada era 1990an. Kemudian juga ada Yadi Mulyadi dan Dudi Subandi.

Setelah itu ada Zaenal Arif yang memperkuat Persib pada musim 1998 hingga 2000 dan 2006 hingga 2009. Kemudian sang adik, Yandi Sofyan Munawar, berseragam Persib pada musim 2014 hingga 2016.

Kini Persib Bandung juga masih memiliki pemain yang memiliki ikatan keluarga. Dua pemain bersaudara itu adalah Gian Zola Nasrulloh dan sang adik, Beckham Putra Nugraha.

Khusus untuk Robby Darwis dan Roy Darwis, serta Zola dan Beckham, kakak beradik ini adalah contoh keluarga yang bermain pada waktu yang sama di Persib Bandung.

Pada era 1990an, Darwis bersaudara menjadi idola bobotoh. Harus diakui sosok Robby lebih terkenal di Persib Bandung. Maklum, ia adalah bek tangguh Maung Bandung kala itu. Apalagi, Robby Darwis sempat beberapa kali terpanggil memperkuat Timnas Indonesia.

Wajar jika nama Robby Darwis lebih terkenal ketimbang adiknya, Roy Darwis. Bahkan Robby beberapa musim menjadi asisten pelatih dan pelatih caretaker Persib. Tak heran sosok Robby lebih melekat dengan nama Persib Bandung.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

2 dari 3 halaman

Dua Bersaudara Membela Persib sejak Muda

Bicara hari ini, masih ada kakak beradik yang memperkuat Persib Bandung, yakni Gian Zola Nasrulloh dan Beckham Putra Nugraha. Zola memang merupakan pemain jebolan Diklat Persib dengan posisi gelandang serang.

Sejak masih junior Zola pernah menjadi pemain terbaik Asia Pasifik dalam turnamen Manchester United Premier Cup (MUPC) 2013 di Trafford Training Centre, Carrington, Manchester, Inggris.

Zola juga pernah bertemu Lionel Messi di Qatar sebagai satu dari 5 pemain muda Indonesia berbakat pilihan salah satu provider terkenal.

Terakhir, Zola masuk dalam seleksi Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2017 di Malaysia. Pemain kelahiran Bandung, 5 Agustus 1998 ini pun menjadi kekuatan tim utama Persib pada musim 2016 hingga sekarang.

Prestasi Zola diikuti adiknya, Beckham Putra Nugraha. Bahkan Beckham bisa satu tim dengan kakaknya di Persib sejak musim 2019. Mereka terkadang pergi bersama ke tempat latihan atau melakukan aktivitas latihan bersama di rumahnya.

Pelatih Persib Bandung bersama Beckham Putra saat melawan Persipura Jayapura pada laga Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/5). Persib menang 3-0 atas Persipura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Memiliki posisi yang sama, terkadang peran Beckham lebih menonjol ketimbang kakaknya di Persib Bandung. Sebelum memperkuat tim utama Persib, Beckham merupakan bagian skuat Persib U-19 yang menjuarai Liga 1 U-19 2018 dan menjadi top scorer dengan koleksi 9 gol.

Penampilan Beckham yang memukau di Liga 1 U-19 2018 membuatnya dipromosikan ke tim senior Persib oleh pelatih kala itu Miljan Radovic.

Pemain kelahiran Bandung, 29 Oktober 2001 ini memulai debutnya untuk Persib pada 15 Agustus 2018 di Piala Indonesia 2018 melawan PSKC Cimahi.

Pemain dengan julukan Etam ini mencetak gol pertamanya bagi Persib pada 11 Februari 2019 dalam laga 32 besar melawan Persiwa Wamena.

Beckham menjalani debut resminya di kompetisi Liga 1 2019 saat Persib lawan PS TIRA Persikabo, 18 Juni 2019. Ia masuk menggantikan Frets Butuan pada menit ke-79 di pertandingan yang berakhir imbang dengan skor imbang 1-1 itu.

Musim 2020, Beckham pun sempat diturunkan Robert Alberts meski hanya 2 menit, sementara Zola belum pernah diturunkan dalam tiga laga Shopee Liga 1 2020 yang sudah dilalui Persib.

3 dari 3 halaman

Video

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer