Sukses


Kiper Persebaya Jadi Korban Akun Medsos Palsu

Bola.com, Surabaya - Penjaga gawang Persebaya Surabaya, Rivky Mokodompit, mengalami peristiwa kurang menyenangkan di tengah pandemi virus corona. Dia mendapati akun palsu di Instagram yang mengatasnamakan dirinya.

Akun itu bernama @rivkymoko. Sekilas mirip dengan akun asli yang dimiliki oleh kiper 31 tahun tersebut, yaitu @rivky_moko. Jumlah pengikutnya hampir mencapai seribu.

“Itu (@rivkymoko) bukan akun saya,” kata mantan penjaga gawang PSM Makassar itu, Rabu (6/5/2020). 

Akun itu dibuat oleh oknum tidak bertanggung jawab. Dalam kolom informasi, oknum itu mencamtumkan profilnya sebagai pemain Persebaya. Bahkan, dia juga sempat mengunggah cerita dengan mencantumkan nama pemain lain Persebaya seolah itu kisah asli.

Akun palsu tersebut berpotensi menyebarkan berita negatif yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.  Sebelumnya, terdapat lima foto yang diunggahnya. Beberapa foto diambil milik ofisial Persebaya, dan ada satu foto diambil dari unggahan Bola.com.

Semua foto itu kini telah dihapus. Saat berita ini disusun, jumlah pengikutnya juga sudah berkurang.

“Sebenarnya tidak hanya saya, banyak yang mengalami hal seperti itu. Entah apa tujuannya, mungkin lagi mencari kesibukan biar tidak bosen,” imbuh kiper Persebaya Surabaya kelahiran Kotamobagu itu.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Bukan Kasus Pertama

Ini bukan kali pertama kiper bernomor punggung 20 Persebaya Surabaya itu mengalami kejadian seperti itu. Sebelum menjadi bagian Persebaya, terdapat beberapa akun lain yang juga muncul mengatasnamakan dirinya.

“Kalau dipakai untuk kebaikan saya tidak mempermasalahkan, tapi untuk hal negatif saya akan melaporkannya. Dulu sebenarnya sudah pernah ada hal seperti itu,” ungkap Rivky.

“Terjadi pencemaran nama baik dan penipuan, orangnya saya sudah tahu dan pihak berwajib sudah memantau orangnya yang kebetulan juga tinggal di Surabaya,” tuturnya.

Hal ini seperti bukan kali pertama terjadi pada pemain Persebaya. Musim lalu, muncul pula banyak akun media sosial, seperti Instagram dan Twitter, yang mengatasnamakan Amido Balde, penyerang asal Guinea-Bissau.

Beberapa akun itu mengirim kutipan yang kemudian ikut dilansir oleh beberapa media arus utama. Amido Balde  menegaskan tak pernah memiliki akun media sosial apapun. Akun-akun palsu itu sudah jelas menyajikan informasi palsu.   

Video Populer

Foto Populer