Sukses


Tendangan Salto, Kebiasaan Unik Samsul Arif Saat Berlatih

Bola.com, Malang - Striker Persita Tangerang, Samsul Arif Munip, punya kebiasaan yang menjadi ciri khas dan sering terlihat dalam sesi latihan. Pemain asal Bojonegoro itu memiliki menu favorit saat berlatih penyelesaian akhir untuk mengasah ketajaman di depan gawang.

Ketika mendapat umpan crossing dari sayap, Samsul Arif akan memperlihatkan tendangan salto atau bicycle kick. Itu jadi kebiasaannya.

Pemain yang pernah satu tim dengannya pasti hafal. Mereka akan memberikan umpan yang pas untuk diselesaikan dengan tendangan salto.

“Tapi, sekarang tidak bisa melakukan itu dulu. Sedang tidak bisa latihan bersama dulu karena corona,” kata Samsul.

Samsul belum bisa berlatih dengan tim sejak dua bulan terakhir. Namun, Samsul mengakui kerinduan melakukan kebiasaan itu lagi saat latihan.

Bicara mengenai sejak kapan memiliki kebiasaan itu, Samsul mengaku sudah sangat lama. Pemain yang sempat berseragam Barito Putera itu menceritakan saat masih kecil dan bermain sepak bola dengan teman sebaya, melakukan tendangan salto adalah hal yang keren. Kesan itu terbawa hingga sekarang.

Kebiasaan ini sama dengan pemain asal Brasil karena di sana banyak yang melatih tendangan salto sejak kecil ketika bermain di pantai. Tapi, Samsul tidak punya idola khusus siapa pemain yang ditiru untuk melakukan tendangan salto itu.

Ketika bicara mengenai idolanya, Samsul Arif hanya menjawab, “Kalau pemain idola, sudah pasti Alessandro Del Piero.”

Video

2 dari 2 halaman

Melakukannya Saat Bertanding

Satu hal yang menarik dari kebiasaan Samsul Arif melakukan tendangan salto saat latihan. Ternyata buah dari latihan itu bisa dilakukan ketika tengah bertanding.

Ketika membela klub Jawa Timur, Persibo Bojonegoro, Persela Lamongan, dan Arema FC, dia sudah pernah mencetak gol lewat tendangan salto. Sedangkan di Barito Putera dia mencetaknya dalam laga uji coba.

Kini tinggal di Persita Tangerang dia belum menjebol gawang lawan lewat aksi akrobatik tersebut.

Dari pantauan Bola.com, ketika membela Arema pada 2014 hingga 2015, Samsul terlihat paling sering latihan salto karena dia punya banyak teman baik yang biasa membantunya memberi crossing bagus dalam latihan, seperti Dendi Santoso dan Beny Wahyudi.

Video Populer

Foto Populer