Sukses


Adu Hebat Makan Konate dan Renan Silva, Dua Playmaker Asing Paling Berkilau di Indonesia Saat Ini

Bola.com, Jakarta - Makan Konate dan Renan Silva menjadi dua playmaker asing yang paling berkilau di Indonesia saat ini. Keduanya sama-sama pernah meraih gelar Liga Indonesia dan trofi-trofi bergengsi lainnya di Tanah Air.

Dibandingkan Renan Silva, Makan Konate lebih dulu berkiprah di Indonesia. PSPS Pekanbaru menjadi klub pertama gelandang asal Mali tersebut.

Dua tahun berselang, Konate berhasil menorehkan tinta emas. Bersama Persib Bandung, pemain yang identik dengan nomor punggung sepuluh ini sukses meraih trofi Indonesia Super League (ISL) 2014.

Selain gelar Liga Indonesia, Konate juga mengoleksi dua trofi bergengsi lainnya di Indonesia. Masih bersama Persib, ia merengkuh gelar turnamen pramusim Piala Presiden 2019.

Saat berseragam Arema FC, Makan membantu tim berjulukan Singo Edan tersebut menjuarai turnamen yang sama pada 2019.

Soccerway mencatat, lima musim Konate berkarier di Indonesia pada 2013, 2014, 2018, dan 2019, ia mampu mengukir 54 gol. Catatan yang cukup tajam bagi seorang gelandang serang.

Saat ini, Makan Konate membela Persebaya Surabaya setelah dua musim memperkuat Arema FC. Nilai kontraknya untuk semusim disebut-sebut sebagai satu di antara yang termahal, mencapai Rp4 miliar.

Video

2 dari 3 halaman

Renan Silva, Baru Debut Langsung Juara

Karier Renan Silva di Indonesia baru seumur jagung. Namun, gelandang asal Brasil ini telah bergelimang gelar.

Saat baru tiba di Indonesia dengan seragam Persija pada pertengahan 2018, Renan langsung merasakan gelar juara Liga 1 pada akhir musim.

Begitu dibuang Persija setelah membantu tim ibu kota menjadi juara, Renan malah berhasil menyabet gelar pemain terbaik Liga 1 2019 bersama Borneo FC. Pemain berusia 31 tahun ini sukses menyisihkan Makan Konate dan Fadil Sausu yang kala itu berstatus sebagai pemain juara dengan Bali United.

Dalam satu setengah musim pertamanya di Indonesia, Renan mengukir 43 penampilan dan membukukan 12 gol.

Setelah menjadi pemain terbaik kompetisi 2019 bersama Borneo FC, Renan hengkang ke Bhayangkara FC. Bersama tim berjulukan The Guardian ini, kesempatannya untuk kembali meraih gelar juara Liga 1 cukup besar.

Skuat Bhayangkara FC di musim ini tergolong bertabur bintang. Selain Renan, The Guardian juga mendatangkan Ezechiel N’Douassel, Andik Vermansah, Saddil Ramdani, Ruben Sanadi, hingga Achmad Jufriyanto.

3 dari 3 halaman

Prestasi Makan Konate dan Renan Silva di Indonesia

 Makan Konate

  • Indonesia Super League (2014) bersama Persib Bandung
  • Piala Presiden (2015) bersama Persib Bandung
  • Piala Presiden (2019) bersama Arema FC
  • Best XI Liga 1 (2019) bersama Arema FC

Renan Silva

  • Liga 1 (2018) bersama Persija Jakarta
  • Pemain Terbaik Liga 1 (2019) bersama Borneo FC

Video Populer

Foto Populer