Sukses


Liga 1 2020 Bakal Berlanjut, 3 Syarat Diajukan Persija

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta menegaskan sikapnya terkait wacana kelanjutan kompetisi sepak bola Indonesia, termasuk Liga 1 2020. Manajemen klub berjulukan Macan Kemayoran itu menegaskan ada tiga persyaratan yang mereka ajukan kepada PSSI sebelum kompetisi kembali bergulir.

Ketiga syarat tersebut diungkapkan oleh Direktur Olahraga Persija Jakarta, Ferry Paulus. Ketiganya diajukan melalui pertimbangan matang demi keselamatan banyak orang, terutama para pemain dan ofisial tim.

Dalam persyaratan yang diajukan, yang utama adalah Ferry Paulus ingin PSSI lebih dulu memastikan bahwa pandemi COVID-19 sudah landai.

"Karena itu sebaiknya kick-off digelar pada Oktober dan berpusat di Jawa karena bisa menggunakan transportasi darat dan agar mengurangi risiko penyebaran COVID-19 karena penggunaan pesawat. Tentu hal ini diimbangi dengan protokol kesehatan yang baik," ujar Ferry Paulus dalam situs resmi Persija.

Sebagai syarat kedua, Persija menginginkan adanya kenaikan subsidi untuk klub peserta kompetisi. Tak hanya itu, Macan Kemayoran berharap ada peran aktif dari pemerintah terhadap kelanjutan kompetisi, mengingat kondisi pandemi membuat klub tak memiliki pemasukan dari sponsor maupun tiket penonton.

"Kami meminta subsidi naik karena praktis sudah tidak ada pendapatan dari sponsor dan tiket. Pemerintah juga harus berperan untuk dapat memberi keringanan biaya stadion, pajak, dan biaya untuk pertandingan lainnya," ujar Direktur Persija Jakarta itu.

 

Video

2 dari 2 halaman

Syarat Terakhir, Negosiasi Ulang Kontrak Melibatkan APPI

Sementara untuk syarat ketiga menjadi yang penting, mengingat sepak bola digelar melibatkan pemain dan pelatih yang terikat kontrak bersama klub.

Ferry Paulus meminta PSSI memutuskan keharusan adanya negosiasi ulang kontrak kerja sama dengan melibatkan Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI).

Harapan Ferry Paulus dengan begitu tidak akan ada permasalahan baru, terutama terkait pembayaran gaji ketika kompetisi sudah kembali bergulir.

"PSSI harus bisa memastikan adanya negosiasi ulang dengan melibatkan APPI. Jika tidak, maka akan menyisakan masalah baru terkait gaji pemain dan ofisial," ujar Ferry Paulus.

Sebagai tambahan, Ferry Paulus memastikan Persija Jakarta tidak akan ingin kompetisi berlanjut jika ketiga syarat tersebut tidak lebih dulu dipenuhi.

Video Populer

Foto Populer