Sukses


Keinginan yang Belum Dicapai Irfan Jaya Selama 4 Musim di Persebaya: Lancar Bahasa Jawa

Bola.com, Jakarta - Irfan Jaya punya satu keinginan yang belum tercapai selama empat musim berseragam Persebaya Surabaya, yakni lancar menggunakan bahasa Jawa.

Irfan Jaya adalah bagian dari skuat yang menjuarai Liga 2 2017 dan membawa Persebaya naik kasta. Dia juga menjadi kunci di balik kejayaan Persebaya pada kompetisi kasta kedua tersebut.

Tetapi, meskipun sudah hampir empat tahun berada di Surabaya, Irfan tak kunjung fasih berbahasa Jawa. Kendati demikian, dia ingin sekali menguasai bahasa yang paling banyak digunakan di Indonesia itu.

"Irfan pengin sekali lancar Bahasa Jawa," kata pemain kelahiran Bantaeng, Sulawesi Selatan itu kepada Bola.net, Kamis (11/6/2020).

Apalagi, sebagian besar penggawa Green Force juga menggunakan Bahasa Jawa. Terutama, pemain-pemain yang merupakan jebolan klub internal Persebaya.

 

Video

2 dari 3 halaman

Paham Bahasa Jawa, tapi Tidak Lancar Melafalkannya

Sebenarnya, Irfan sudah cukup paham Bahasa Jawa. Tak heran, dalam sebuah vlog di kenal YouTube Hamka Hamzah, dia sempat memamerkan kemampuan berbahasa Jawanya.

Dia juga menyebutkan beberapa kosa kata Jawa yang dia pahami. Hanya saja, mantan pemain timnas Indonesia U-23 itu belum cukup lancar ketika melafalkan.

"Kalau orang bicara bahasa Jawa, Irfan bisa sedikit mengerti, tapi kalau Irfan yang pakai Bahasa Jawa susah," jelasnya sembari tertawa.

Menurut pemain jebolan PSM Makassar U-21 itu, kemungkinan karena dirinya masih belum terbiasa menggunakan bahasa Jawa. Dia hanya sering mendengarkan ketika rekan setimnya berbicara.

3 dari 3 halaman

Persebaya Kalah Lagi, Irfan Jaya Tidak Akan Buka Instagram Minimal Tiga Hari!

Pemain depan Persebaya, Irfan Jaya mengatakan tak mau buka Instagram miliknya jika timnya menelan kekalahan. Ia takut menerima komentar dan kritik dari Bonek tiap kali melewati laga dengan hasil buruk.

"Kalau Persebaya kalah lagi begitu, saya tidak buka Instagram. Minimal tiga hari saya tidak buka Instagram," kata Irfan Jaya.

Persebaya menelan satu hasil imbang dan satu kekalahan dari dua laga perdana Shopee Liga 1 2020. Pada laga pembuka, tim berjulukan Bajul Ijo itu ditahan imbang tim tamu Persik Kediri dengan skor 1-1.

Lalu pada pertandingan kedua menghadapi Persipura Jayapura, Persebaya menelan kekalahan 3-4. Hasil minor itu menempatkan Persebaya di posisi 15 klasemen sementara Shopee Liga 1 2020, atau satu strip di atas zona degradasi.

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy, published 11/6/2020)

Video Populer

Foto Populer